Categories

Gadget

Mobvoi TicWatch GTH Unggulkan Sensor untuk Memonitor Suhu Kulit Meski Masuk Kategori Budget

Fungsinya untuk menjadi indikator kondisi kesehatan secara menyeluruh

Glenn Kaonang - 14 April 2021

Pandemi COVID-19 mengajarkan pada kita bagaimana suhu tubuh seseorang bisa menggambarkan kondisi kesehatannya secara cukup akurat. Hal ini pun juga dipelajari oleh produsen smartwatch, sehingga akhirnya mereka mulai menyematkan sensor untuk memonitor suhu kulit pada produk bikinannya.

Tahun lalu misalnya, Fitbit meluncurkan smartwatch bernama Sense yang dilengkapi sensor serupa, hanya saja fungsinya lebih untuk memantau tingkat stres penggunanya. Tahun ini, giliran Mobvoi yang mengambil langkah serupa. Mereka baru saja merilis smartwatch anyar bernama TicWatch GTH, dan salah satu fitur unggulannya adalah sebuah sensor untuk memonitor suhu kulit.

Fungsi sensor tersebut di sini adalah sebagai indikator kondisi kesehatan secara menyeluruh. Suhu bakal dimonitor secara terus-menerus, dan ketika terdeteksi perubahan suhu yang tidak normal, perangkat akan langsung menampilkan notifikasi supaya pengguna bisa langsung mengantisipasi.

Di samping itu, TicWatch GTH turut mengemas kemampuan untuk memonitor kadar oksigen dalam darah, atau yang lebih dikenal dengan metrik SpO2, serta tentu saja sebuah heart-rate monitor. Untuk memantau kegiatan olahraga, TicWatch GTH menyediakan 14 profil yang berbeda. Sangat disayangkan ia tidak dilengkapi modul GPS sendiri, yang berarti ia masih harus bergantung pada smartphone apabila hendak dipakai untuk memonitor aktivitas seperti berlari atau bersepeda.

Secara estetika, desain TicWatch GTH boleh dibilang cukup generik. Dengan bodi yang terbuat dari plastik dan warna serba hitam, jelas sekali perangkat ini tidak dimaksudkan untuk mencuri perhatian di tempat umum. Yang mungkin agak lucu adalah, ia diklaim punya ketahanan air 5ATM, alias sampai kedalaman 50 meter, akan tetapi ada keterangan kecil di situsnya yang menjelaskan bahwa perangkat ini tidak cocok dipakai selagi mandi atau menyelam.

Ukuran layar sentuh yang tertanam cukup besar di angka 1,55 inci, dengan resolusi 360 x 320 pixel. Sayang panel yang digunakan adalah panel LCD, bukan panel AMOLED yang lebih superior secara visual sekaligus lebih irit daya. Terlepas dari itu, Mobvoi mengklaim baterai TicWatch GTH bisa tahan sampai sekitar 10 hari pemakaian dalam sekali charge.

Seperti yang sudah bisa ditebak, Mobvoi TicWatch GTH masuk di kategori budget, dan harga jualnya di Amerika Serikat memang tidak lebih dari $80. Smartwatch yang dilengkapi sensor untuk memonitor suhu kulit boleh dibilang masih cukup langka, apalagi di rentang harga seperti ini.

Read more

Sumber: Wareable.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id