19 February 2015

by Glenn Kaonang

Smartwatch Pebble Kini Kompatibel dengan Aplikasi Android Wear

Ada banyak alasan mengapa orang-orang menggangap Pebble sebagai pemain penting di pasar perangkat wearable. Sebagian menganggapnya penting karena Pebble dipercaya sebagai pelopor tren smartwatch. Namun bagi saya pribadi, smartwatch Pebble istimewa karena kompatibilitasnya.

Sistem operasi bawaan Pebble sudah kompatibel dengan platform Android maupun iOS semenjak generasi pertama smartwatch-nya mendarat di tangan publik. Namun pihak pengembang Pebble tampaknya masih merasa kurang puas, dan mereka pun meluncurkan update yang dapat menyulap smartwatch Pebble menjadi smartwatch bertenaga Android Wear.

Utamanya, pengguna smartwatch Pebble kini dapat mengakses notifikasi dan memberi respon dengan cepat – salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh platform Android Wear. Hal ini dimungkinkan berkat konsep terbuka yang diterapkan Google dalam membangun sistem notifikasi Android sehingga pihak pengembang Pebble bisa mengintegrasikannya kapan saja.

Info menarik: Manchester City Luncurkan Aplikasi untuk Perangkat Android Wear

Pengguna Pebble juga bisa menetapkan sejumlah template balasan melalui aplikasi Pebble di smartphone. Fungsi ini memungkinkan mereka untuk memberi balasan viasmartwatch-nya dengan mudah dan cepat.

Kompatibilitas baru ini juga memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi-aplikasi Android Wear ke smartwatch Pebble miliknya, membuka ekosistem aplikasi yang tersedia menjadi lebih luas lagi.

Pihak pengembang Pebble sebenarnya telah memperkenalkan kompatibilitas dengan Android Wear ini beberapa waktu lalu dalam versi beta, namun kini semua pengguna smartwatch Pebble bisa menikmati update terbaru yang menarik ini. Yang dibutuhkan hanya firmware terbaru versi 2.9 dan aplikasi Pebble untuk perangkat Android versi 2.3.0 yang bisa diunduh langsung melalui Google Play Store.

Sumber: Pebble Developer Blog.