27 November 2014

by Bambang Winarso

Smartwatch Terbaru Sony Akan Hadirkan Teknologi E-Paper?

Sebuah laporan terbaru yang dilansir oleh Bloomberg mengindikasikan adanya rencana besar yang sedang dirancang oleh Sony untuk tahun depan. Dimana menurut berita tersebut Sony bersiap untuk merancang lini produk terbaru berupa perangkat smartwatch yang menampilkan teknologi e-paper untuk display.

Masih menurut Bloomberg, cikal bakal smartwatch terbaru tersebut nantinya tidak hanya menampilkan teknologi e-paper untuk bagian layar tetapi juga untuk semua permukaan termasuk bagian gelangnya. Sehingga pengguna bisa mengganti tampilan smartwatch ini secara keseluruhan.

Menariknya, meski dipersiapkan sebagai lini produk terbaru, jam tangan pintar ini akan mengedepankan sisi desain ketimbang menonjolkan performa dan teknologi, sebagaimana ditawarkan oleh sejumlah besar perangkat serupa. Segmen tersebut dinilai sudah terlalu ramai digarap pemain-pemain besar.

Perangkat ini merupakan karya pertama yang dhasilkan oleh divisi baru yang dibentuk oleh CEO Sony, Kaz Hirai. Divisi ini ditujukan untuk memacu inovasi dalam manajemen Sony, yang sejak dulu dikenal kaya akan inovasi dan selalu menghadirkan perangkat dalam banyak kategori, tetapi sekarang ini mereka tidak memiliki produk yang menjadi terobosan.

 

Info Menarik: Diskon Game Hingga 90 Persen di Steam ‘Exploration’ Sale, Mari Segera Belanja

 

Teknologi e-paper sendiri sebenarnya bukan barang baru. Oleh sejumlah vendor e-book reader, e-paper menjadi senjata utama dalam menghantarkan kenyaman kepada pembaca.

E-paper merupakan sebuah teknologi layarhemat energi yang mampu menirusifatyang dimiliki kertaskonvensional. Ditandai dengan penampilan layar layaknya tinta biasa di atas kertas. Sehingga layar e-paper lebih nyaman di mata sebab cara kerjanya sama dengan proses pemantulan cahaya dari kertas ke mata pengguna.

Berbeda dengan panel backlit standar yang memancarkan cahaya. Itu sebabnya material ini lebih dipililih untuk disematkan di perangkat-perangkat e-book reader.

Dan tak lama lagi, e-paper pun tampaknya akan menjelma dalam bentuk yang lebih keren lewat inovasi yang digalakkan oleh Sony. Kita tunggu saja.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar ilustrasi Sony Smartwatch 2.