13 January 2015

by Glenn Kaonang

smrtGRiPS Pandu Pesepeda Lewat Getaran Pada Setang

Navigasi memegang peranan penting dalam gaya hidup modern. Google Maps kini sudah menjadi kebutuhan wajib dalam kegiatan sehari-hari kita. Ke mana kita akan pergi, Google Maps akan selalu memandu jalan, dengan catatan kita selalu terhubung dengan internet.

Pada prakteknya, sistem navigasi seperti Google Maps ini hanya bisa digunakan saat Anda sedang mengemudikan mobil, jika melihatnya dari aspek keselamatan. Selama ini, para pengendara motor maupun pesepeda harus mengandalkan fitur voice navigation agar tidak tertangkap basah oleh polisi bahwa mereka sedang menggunakan ponsel saat berkendara. Selain mengundang polisi, aktivitas ini jelas tergolong membahayakan.

Di saat para pesepeda sedang mencari alternatif yang lebih efektif dari voice navigation, sebuah produk inovatif bernama smrtGRiPS hadir lewat situs crowdfundingIndieGogo.

smrtGRiPS merupakan bagian setang sepeda (grip) pintar yang bisa dihubungkan dengan smartphone dan tabletvia konektivitas Bluetooth. Perangkat ini dirancang agar para pesepeda dapat mengakses sistem navigasi tanpa mengandalkan layar atau fitur voice navigation.

 

Informasi menarik: Dot Bayi Pintar Ini Bisa Memantau Suhu Badan, Dilengkapi Bluetooth dan Alarm

Inovasi yang diterapkan oleh smrtGRiPS adalah teknologi haptic feedback, yakni getaran yang Anda rasakan saat mengetik menggunakan smartphone Android.

Cara kerjanya sangat mudah, Anda hanya perlu menghubungkan smrtGRiPS yang telah terpasang di sepeda dengan smartphone Android atau iPhone, kemudian data navigasi dari sejumlah aplikasi navigasi – untuk sementara hanya Google Maps dan smrtGRiPS Connect – akan diteruskan ke setang sepeda Anda.

Setelah sinkronisasi berhasil, Anda tinggal mengayuh pedal saja dan smrtGRiPS akan memberitahu kapan Anda harus membelok via getaran pada setang. Jika setang kiri yang bergetar, maka saatnya Anda untuk belok kiri, begitu juga sebaliknya. Selain menunjukkan arah, smrtGRiPS juga dapat memberikan informasi terkait kondisi jalanan dengan memproduksi getaran dalam berbagai mode.

Integrasi smrtGRiPS dengan smartphone juga memungkinkan Anda untuk melacak keberadaan sepeda Anda melalui aplikasi smrtGRiPS, dengan catatan sepeda Anda sedang berada dalam jangkauan konektivitas Bluetooth.

Fitur pelacak ini juga berguna saat sepeda Anda rupanya dicuri oleh orang iseng. Caranya adalah dengan memanfaatkan jaringan crowdGPS dan para pengguna smrtGRiPS lainnya. Jadi, saat pencuri tersebut sedang berada di dekat pengguna smrtGRiPS lain – jarak maksimumnya adalah 100 meter – maka Anda akan mendapat notifikasi terkait lokasinya.

smrtGRiPS juga ideal bagi Anda yang gemar bersepeda secara berkelompok. Fitur Separation Alert akan memberikan peringatan di saat salah satu anggota terpisah dari konvoi Anda.

 

Informasi menarik: 3D Systems Kembangkan 3D Chocolate Printer Bersama Hershey

 

Fisik smrtGRiPS sendiri didesain dengan gaya minimalis. Dimensinya tidak begitu besar, tepatnya 16 mm untuk diameternya dan 15 cm untuk panjangnya, dengan bobot yang berkisar di angka 92 gram. smrtGRiPS juga tahan air dengan sertifikasi IP68, seperti yang dimiliki varian terbaru Sony Xperia. Terkait daya tahan baterai, baterai smrtGRiPS diklaim dapat bertahan hingga tiga bulan dan pengisian ulang berlangsung via port mini USB-nya.

Satu pasang smrtGRiPS dapat dipesan lewat IndieGogo dengan harga paling murah $59. Cukup mahal memang, namun harga mahal ini akan berpengaruh pada keselamatan Anda saat bersepeda. Kampanye IndieGogo-nya sendiri akan berakhir pada tanggal 12 Maret.

Sumber gambar: smrtGRiPS dan IndieGogo.