Categories

Mobile

Snap Widget Drawer Tawarkan Cara Baru Mengakses Widget di Android

Bisa diakses dari mana saja, dari dalam aplikasi maupun di lockscreen

Glenn Kaonang - 2 December 2015

Widget adalah salah satu fitur andalan platform Android sejak lama. Berkat widget, kita tidak perlu membuka aplikasi hanya untuk mengganti lagu yang diputar, melihat agenda harian sekilas maupun menyala-matikan LED flash sebagai senter. Semua ini bisa dilakukan langsung melalui homescreen.

Sayangnya, ketika kita berada di suatu aplikasi, maka aspek praktis widget pun sedikit berkurang. Pasalnya, kita tetap harus kembali ke homescreen dulu untuk mengaksesnya, jadi tidak jauh berbeda daripada membuka aplikasinya secara langsung. Bukankah akan sangat menarik kalau kita bisa mengakses widget dari mana saja tanpa harus kembali ke homescreen?

Itulah ide di balik lahirnya aplikasi bernama Snap Widget Drawer ini. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menempatkan sederet widget pada notification bar. Cara kerjanya pun sama seperti menempatkan widget di homescreen: pilih widget-nya, lalu tentukan seberapa besar ukurannya.

Untuk mengakses kumpulan widget ini, Anda tinggal mengusap ke bawah pada sisi kanan notification bar – bisa juga di sisi tengah atau kiri, tergantung pengaturan yang Anda buat. Selanjutnya, Anda bisa melakukan scrolling di tiap-tiap widget menggunakan dua jari.

Snap Widget Drawer

Anda boleh berkata konsep aplikasi ini mirip seperti yang ditawarkan iOS, dimana widget cuma bisa diletakkan di notification. Tapi toh manfaatnya cukup signifikan: homescreen Anda bisa lebih bersih, dan Anda dapat mengakses widget dari mana saja, bahkan dari lockscreen sekalipun.

Buat yang tertarik mencoba, Snap Widget Drawer saat ini sudah bisa diunduh secara cuma-cuma dari Google Play. Tersedia juga opsi in-app purchase senilai $2 agar pengguna dapat menempatkan widget dalam jumlah tak terbatas – versi gratisnya cuma bisa tiga widget saja.

Sumber: TheNextWeb.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id