Video di balik layar selalu menarik untuk diikuti, apalagi kalau menyangkut sisi tak tersentuh dari sosok yang populer. Bagi penggemar musik, Billboard tengah bersiap untuk meluncurkan serial dokumenter seputar musik berlabel Artist Pass.

Namun bukan itu yang sejatinya ingin saya soroti. Yang justru lebih menarik adalah medium yang dipilih Billboard untuk menayangkan program ini. Bukan TV, bukan YouTube, melainkan Snapchat. Ya, Snapchat aplikasi chatting pilihan generasi millennial itu.

Data yang dikumpulkan Nielsen semestinya bisa memberikan gambaran terkait alasan Billboard memilih Snapchat: aplikasi itu menjangkau sembilan kali lebih banyak konsumen berusia 18 – 34 tahun ketimbang 15 saluran TV terpopuler di AS sekalipun. Setidaknya 9 dari 10 pengguna aktif Snapchat yang masuk dalam kategori usia tersebut tidak menonton satu pun dari 15 saluran TV top ini.

Snapchat sendiri bilang kalau tiga perempat dari pengguna yang aktif menikmati Snapchat Shows berada di rentang usia 13 – 24 tahun. Ini menjadikan Snapchat sebagai target yang ideal untuk program Artist Pass yang digagaskan Billboard, yang akan menyuguhkan video di balik layar berdurasi empat sampai lima menit dari seorang artis yang tengah bersiap untuk tampil di atas panggung.

Snapchat memang sudah punya beberapa program orisinil, akan tetapi Artist Pass merupakan yang pertama yang mengangkat tema musik. Artis-artis yang sudah dikonfirmasi sejauh ini adalah Luke Bryan, Demi Lovato dan Rae Sremmurd. Artist Pass dijadwalkan tayang tiap dua minggu sekali, dan pengguna Snapchat bisa menikmatinya lewat tab Discover sampai selama 48 jam setelah tayang.

Sumber: CNBC dan Billboard.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.