26 September 2016

by Glenn Kaonang

Snapchat Luncurkan Kacamata Pintar dengan Kamera dan Lensa Wide-Angle Terintegrasi

Semua video yang direkam akan diunggah secara otomatis ke bagian Memories di Snapchat

Snapchat, aplikasi pesan instan yang populer di kalangan muda-mudi itu, kini resmi menjadi produsen hardware. Apa yang dirumorkan jauh sebelumnya tidak meleset, Snapchat selama ini ternyata tengah sibuk mengembangkan sebuah perangkat wearable dalam wujud kacamata pintar.

Diumumkan pada tanggal 24 September kemarin, perangkat yang dijuluki Spectacles ini pada dasarnya merupakan kacamata hitam yang dibekali kamera dengan sudut pandang seluas 115 derajat. Ya, sepintas saya memang teringat dengan Google Glass, akan tetapi fungsi Spectacles adalah murni untuk mengabadikan momen.

Video yang telah direkam oleh Spectacles akan diunggah secara otomatis ke Snapchat / Snap Inc.

Yang menarik dari Spectacles adalah bagaimana ia terintegrasi dengan layanan milik Snapchat sendiri. Berbekal koneksi Bluetooth atau Wi-Fi, semua video yang direkam menggunakan Spectacles akan diunggah secara otomatis ke bagian Memories. Lucunya, video ini mempunyai format membulat, yang menurut Snapchat bisa ditonton secara full-screen di perangkat apapun dan dalam orientasi apapun.

Soal daya tahan baterai, Snapchat hanya menyebutkan kalau Spectacles sanggup menemani pengguna mengabadikan berbagai momen selama seharian sebelum perlu di-charge kembali. Perangkat ini nantinya akan dipasarkan seharga $130, dan pilihan warna yang tersedia ada tiga macam.

Tiga pilihan warna Spectacles yang ditawarkan / Snap Inc.

Dalam kesempatan yang sama, Snapchat juga mengumumkan bahwa mereka telah mengganti nama perusahaan menjadi Snap Inc. Langkah ini sangat masuk akal mengingat mereka tak lagi mempunyai satu produk saja, dan nama Snap Inc. sengaja dipilih supaya tidak terdengar asing di telinga mayoritas konsumen.

Sumber: TheNextWeb dan Snap Inc..