Categories

Social Media

Snapchat Sosialisasikan Social Distancing Lewat Augmented Reality

Dua Lens barunya dirancang dengan berkolaborasi bersama WHO

Glenn Kaonang - 2 April 2020

Sosialisasi mengenai social ataupun physical distancing dapat disampaikan melalui banyak medium. Salah satu medium yang cukup efektif sebenarnya adalah augmented reality (AR), yang memang bisa menggambarkan jarak fisik secara nyata.

Sebagai bukti, coba lihat dua Lens baru yang diluncurkan Snapchat. Salah satunya, yang dinamai “My Social Distance”, akan mencoba memandu pengguna dengan memberikan indikator visual pada layar guna menggambarkan jarak yang aman ketika bertemu orang lain selama masa pandemi seperti sekarang.

Indikator yang tadinya berwarna hijau akan berubah menjadi oranye ketika pengguna berada terlalu dekat dengan orang lain. Lens yang kedua memanfaatkan animasi untuk mengingatkan pengguna agar selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan mengurangi kebiasaan menyentuh wajah.

Snapchat merujuk langsung pada WHO dalam mengembangkan kedua Lens anyarnya. Pengguna juga dapat mengakses langsung panduan yang WHO edarkan di situsnya melalui dua Lens baru ini.

Di luar medium AR, Snapchat juga memanfaatkan fitur Discover-nya untuk menyuguhkan beragam informasi terkait pandemi COVID-19. Selain konten dari berbagai media yang terdaftar sebagai mitra, Snapchat juga rutin mengisi segmen Discover dengan informasi yang digali oleh tim internalnya sendiri.

Sumber: VentureBeat dan Snap.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter