3 Fitur Baru Snapchat: Lenses, Trophies dan Extra Replay

Snapchat Punya Tiga Fitur Baru: Lenses, Trophies dan Extra Replay

snapchat_featured
snapchat_featured

Seperti yang sudah TRL jelaskan sebelumnya, aplikasi messagingSnapchat unik karena memungkinkan penggunanya untuk saling berkirim foto atau video yang kemudian akan terhapus secara otomatis. Pengguna bisa menentukan durasi foto atau video yang dikirim – atau Snap, demikian julukannya – untuk dilihat oleh penerima sebelum akhirnya hilang tak berbekas.

Namun terkadang ada kalanya Snap yang dibagikan begitu berkenang hingga sang penerima ingin melihatnya kembali. Untuk itu, Snapchat menyediakan fitur Replay, dimana sang penerima bisa melihat ulang Snap yang ia terima. Sayangnya, fitur Replay ini hanya terbatas untuk satu Snap saja setiap harinya, membuat jutaan pengguna Snapchat sedikit frustasi ketika mereka menerima banyak Snap yang pantas ‘disiarkan ulang’.

Dari sini tim pengembang Snapchat mencoba memutar otak. Mereka berpendapat bahwa Replay merupakan suatu bentuk pujian terhadap Snap yang dibagikan. Maka dari itu, sudah semestinya ada cara lain untuk bisa menikmati lebih dari satu Replay per hari.

Snapchat pun memperkenalkan opsi in-app purchase dalam update terbarunya, dimana pengguna bisa membeli mulai dari tiga Replay ekstra seharga $1. Setiap Replay bisa digunakan untuk melihat kembali Snap apapun yang diterima, akan tetapi setiap Snap hanya bisa dilihat ulang satu kali saja. Dengan kata lain, tiga Replay yang dibeli ini bisa digunakan untuk tiga Snap yang berbeda, masing-masing satu kali. Sayangnya, fitur ini baru bisa dinikmati pengguna di Amerika Serikat saja.

Info menarik: Cara Install dan Daftar Akun Snapchat

Di saat yang sama, Snapchat juga menghadirkan fitur baru bernama Lenses. Lenses sejatinya merupakan filter untuk foto-foto selfie pengguna. Pengguna bisa mencoba berbagai filter yang ada sebelum mengambil foto, sama seperti fitur Live Filters yang diusung oleh aplikasi kamera bawaan iOS.

Fitur baru yang terakhir adalah Trophies, yang merupakan ‘gudang pencapaian’ atas bermacam tantangan yang Anda selesaikan di dalam Snapchat. Salah satu contohnya adalah, mengirim 10 Snap dengan posisi LED flash kamera depan menyala. Setiap trofi yang diperoleh akan diwakili oleh emoji, jadi kemungkinan nantinya pengguna bisa mendapatkan set emoji baru setelah menyelesaikan cukup banyak tantangan.

Tiga fitur baru ini – kecuali in-app purchase Replay yang baru tersedia untuk pengguna AS saja – sudah bisa didapatkan lewat update terbaru Snapchat versi 9.15.0.0. Silakan langsung mengunduhnya lewat App Store atau Google Play.

Sumber: TheNextWeb dan Snapchat Blog.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…