16 January 2017

by Glenn Kaonang

Snapchat Hadirkan Fitur Universal Search yang Bisa Diakses dari Manapun di dalam Aplikasi

Tujuannya supaya lebih mudah dipahami dan dinavigasikan oleh pengguna baru

Di antara sederet aplikasi pesan instan yang tersedia, interface Snapchat bukanlah yang paling mudah untuk dipahami dan dinavigasikan – meski tidak bisa dipungkiri paling unik dibanding yang lain. Ini merupakan salah satu faktor mengapa Snapchat kurang begitu populer di kalangan pengguna baru.

Itulah sebabnya Snapchat telah meracik fitur baru berupa universal search. Fitur ini sederhananya akan menampilkan sebuah search bar di bagian teratas yang bisa diakses kapan pun dan dari bagian aplikasi manapun untuk mencari pesan, Story atau konten lainnya.

Snapchat sengaja merancang fitur search ini dengan fokus pada kecepatan, sehingga pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah, lalu kembali mengambil Snap demi Snap. Hasil pencarian pun disajikan secara rapi dan tertata, serta memberikan akses instan ke bermacam konten.

Misalnya, ketika Anda mencari nama seorang teman, icon Bitmoji yang terpampang di sebelah kiri namanya bisa Anda sentuh untuk langsung membuka profilnya. Sentuh namanya, maka Anda akan langsung dibawa ke jendela chatting, sedangkan icon di sebelah kanan yang merupakan thumbnail Story bisa disentuh sehingga Anda bisa menontonnya langsung dalam tampilan penuh.

Snapchat kini juga memberikan kebebasan para penggunanya untuk mengunggah konten ke channel Our Story. Sebelumnya, akses ke Our Story hanya terbatas pada mereka yang menghadiri event-event tertentu saja.

Fitur universal search ini untuk sementara baru bisa dinikmati beberapa pengguna yang beruntung saja, akan tetapi Snapchat berjanji untuk segera merilisnya ke semua pengguna, baik di platform Android maupun iOS.

Sumber: TechCrunch.