26 January 2016

by Bambang Winarso

Wajah Baru Snapchat Bocor, Ditemani Sederet Fitur Tambahan

Fitur baru meliputi panggilan video dan suara

Snapchat tampaknya diam-diam sedang bergerilya mempersiapkan sejumlah hal baru di tahun 2016 ini. Sejumlah penampakan fitur dan interface barunya merebak luas, diawali dari sebuah postingan di forum XDA Developer di antaranya fitur panggilan video dan suara, stiker di dalam jendela oborolan dan lain-lain. Snapchat tampaknya ingin punya daya saing yang lebih baik mengingat Facebook Messenger, WhatsApp, WeChat dan lain-lain setiap saat siap mencaplok pangsa pasarnya.

Kode jeroan Snapchat yang bocor tersebut diduga masih dalam fase awal yang sangat mungkin kembali mendapatkan rombakan oleh pengembang Snapchat. Kendati demikian, informasi ini cukup untuk menjadi modal bagi kita semua untuk mengharapkan kehadiran wajah baru Snapchat di masa mendatang.

Berdasarkan bocoran di atas, tampilan baru Snapchat tampak bernuansa material design tapi harus diakui lebih bersih dari sebelumnya. Empat tombol utama diletakkan di jendela percakapan, antara lain tombol foto, panggilan suara, video dan stiker. Ada satu tombol di bagian tengah, namun belum diketahui apa fungsinya. Jadi, saya anggap itu bukan sebuah tombol yang bekerja bila disentuh.

Terkait fitur panggilan, interface baru memungkinkan penerima untuk menerima atau menolaknya yang akan ditawarkan dalam jendela popup. Masih di fitur panggilan, ada juga indikator baru yang menunjukkan status panggilan, apakah sedang mendengarkan, berjalan atau menonton. Snapchat sendiri saat ini sudah mendukungan obrolan video, tapi fitur ini dirasa kurang praktis mengingat kedua pengguna diwajibkan sedang menjalankan aplikasi jika ingin menggunakannya.

Meskipun sejumlah bocoran screenshot ini tampaknya sangat menjanjikan, namun kehadiran interface baru Snapchat bisa jadi baru sekadar dugaan yang belum tentu akan menjadi kenyataan. Sampai berita ini diterbitkan, Snapchat belum memberikan komentar apapun.

Sumber berita Theverge dan gambar header Shutterstock.