Categories

Gadget

Snoo Smart Sleeper Adalah Ranjang Bayi Pintar yang Bisa Menidurkan Bayi Rewel dengan Sendirinya

Intensitas gerakan mengayun dan white noise akan disesuaikan dengan seberapa rewel sang bayi

Glenn Kaonang - 26 October 2016

Melewati malam bersama seorang bayi bukanlah tantangan yang mudah. Saya sendiri sedang mengalaminya bersama putri saya yang berusia hampir 6 bulan, meski saya cukup beruntung karena tidurnya cukup lelap di malam hari. Namun di luar sana, tidak sedikit orang tua yang kekurangan tidur karena harus menjaga bayinya semalaman.

Saya tidak akan mencoba menggurui perihal bagaimana cara menenangkan bayi di malam hari, tapi setidaknya ada perusahaan bernama Happiest Baby yang mencoba menawarkan bantuan lewat inovasi teknologi. Buah pemikiran mereka adalah Snoo Smart Sleeper, sebuah ranjang bayi (bassinet) pintar yang diklaim sanggup menidurkan bayi yang rewel dengan sendirinya.

Rahasianya terletak pada tiga mikrofon yang tertanam pada Snoo yang berfungsi untuk mendeteksi tangisan bayi, dan membedakannya dari suara lain. Mikrofon tersebut, dipadukan dengan sejumlah sensor, speaker dan sebuah mesin robotik khusus di bagian bawah Snoo akan bekerja secara bersamaan guna menenangkan sang bayi.

Letak keunikan Snoo adalah bagaimana ia bisa menyesuaikan intensitas goyangan dan white noise berdasarkan seberapa rewel sang bayi. Gerakan mengayunnya juga sengaja dibuat menyerupai ritme selama bayi masih dalam rahim. Faktor keselamatan juga diperhatikan, dimana Snoo dilengkapi dengan semacam bedung khusus sekaligus strap pengikat agar posisi bayi tetap stabil di atas ranjang.

Snoo Smart Sleeper hanya akan beroperasi jika bedungnya sudah terpasang demi alasan keselamatan / Happiest Baby

Snoo dapat dikendalikan dari jauh via aplikasi smartphone. Namun perlu dicatat, kalau bayi masih terus menangis lebih dari tiga menit, Snoo akan berhenti. Ini merupakan pertanda bahwa sang bayi kemungkinan butuh lebih dari sekadar ayunan, sehingga orang tua bisa langsung turun tangan.

Secara fisik, Snoo tampak minimalis sekaligus anggun. Pada kenyataannya, Snoo dirancang oleh sang maestro desain Yves Behar. Proses pengembangannya memakan waktu lebih dari lima tahun, dan aspek teknisnya juga didasari input dari Dr. Harvey Karp yang memang dikenal ahli soal teknik menenangkan dan menidurkan bayi.

Snoo Smart Sleeper akan segera dipasarkan mulai bulan November ini. Pre-order telah dibuka, dan Anda sudah bisa memesannya seharga $1.160 – jauh lebih mahal dari mayoritas ranjang bayi kelas premium yang ada di pasaran.

Sumber: Curbed dan Happiest Baby.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter