29 December 2015

by Glenn Kaonang

Snowy Ialah Asisten Virtual untuk Smartwatch Pebble Time

Ditenagai oleh teknologi dictation milik Nuance dan terintegrasi dengan fitur Timeline

Salah satu fitur unggulan yang diusung lini Pebble Time adalah integrasi mikrofon, yang pada dasarnya membuka potensi fitur perintah suara pada smartwatch hasil crowdfunding tersebut. Sayang, tidak seperti Apple Watch atau smartwatch Android Wear yang selalu didampingi Siri dan Google Now, Pebble Time sejauh ini belum punya asisten virtual-nya sendiri.

Beruntung dari awal Pebble selalu mengedepankan aplikasi pihak ketiga. Dan kini seorang developer bernama Matthew Reiss telah mengembangkan sebuah aplikasi asisten virtual untuk seluruh lini Pebble Time – Time, Time Steel dan Time Round.

Dijuluki Snowy, ia merupakan seekor anjing virtual yang siap menjalankan seluruh perintah yang Anda berikan. Snowy ditenagai oleh teknologi dictation besutan Nuance –sama seperti yang dipakai oleh Siri – sedangkan tampilannya juga simpel sekaligus menarik berkat pengalaman sang developer dalam mengembangkan sejumlah app ternama.

Apa saja perintah yang bisa dijalankan Snowy? Banyak. Ia terintegrasi dengan fitur Timeline, memungkinkannya untuk membuatkan reminder atau event pada kalender. Ia juga bisa menggali informasi dari internet, dan sanggup mengontrol perangkat smart home yang kompatibel seperti Philips Hue berkat dukungan IFTTT.

Sejauh ini Snowy baru bisa menjalankan perintah yang disampaikan dalam bahasa Inggris saja. Anda juga bisa meminta bantuannya dalam mengeja atau mengungkap makna sebuah kata. Lebih lanjut, Snowy juga bisa menerjemahkan kata atau frasa ke bahasa lain.

Pengguna smartwatch Pebble Time yang tertarik dengan Snowy bisa mengunduhnya langsung dari Pebble Appstore. Harganya cuma $3, dan ia bisa digunakan bersama perangkat Android maupun iOS.

Sumber: Wareable.