5 September 2012

by Andi Miftachul

Soal Follower Twitter, Sriwijaya FC Kalahkan Klub Top Eropa

Sriwijaya FC, klub sepakbola asal Palembang, berhasil menempati 200 besar daftar klub sepakbola dengan jumlah follower terbanyak. Prestasi tersebut membuat Sriwijaya FC unggul atas beberapa klub-klub top Eropa seperti Bayer Leverkusen, VfL Wolfsburg, Genoa FC, dan Girondins Bordeaux. 

Daftar tersebut dikeluarkan oleh Folos.Im. Situs ini mendaftar akun-akun resmi klub sepak bola di seluruh dunia dan mengurutkannya berdasarkan jumlah follower-nya. Saat ini total ada 1509 klub sepak bola yang ada dalam daftar tersebut.

Meskipun di update setiap hari, daftar tersebut masih bersifat beta. Sepertinya masih banyak akun resmi klub sepak bola yang belum terdaftar. Selain itu, daftar tersebut juga hanya mengukur kepopuleran suatu klub sepak bola berdasarkan jumlah follower-nya.

Selain melihat jumlah follower, pengguna juga dapat melihat kenaikan jumlah follower suatu klub dari waktu ke waktu dan membandingkannya dengan akun klub lain.

Dari Indonesia, selain Sriwijaya FC, dalam daftar tersebut ada akun Persijap Jepara, Mitra Kutai Kartanegara, dan Persiraja Banda Aceh. Sriwijaya FC sendiri tercatat mempunyai 16.284 follower dan berada di peringkat 191 dunia dan keempat di Asia serta peringkat pertama di Asia Tenggara dan Indonesia.

Tiga besar dalam daftar klub ini ditempati oleh klub sepak bola asal Spanyol, Barcelona, kemudian Real Madrid (Spanyol) dan Arsenal (Inggris).