Categories

Interview

Jembatani Penggemar dan Idola, SociaBuzz Luncurkan “Video Ucapan Personal”

Sejauh ini telah menggandeng 60 talenta, menerapkan strategi monetisasi bagi hasil dan "rate" personal

Yenny Yusra - 2 September 2019

Besarnya minat kalangan muda yang ingin menjalin engagement langsung dengan idola mereka memanfaatkan media sosial menjadi sebuah peluang yang menarik dijajaki. Salah satu platform yang saat ini mulai banyak diperkenalkan adalah ucapan personal memanfaatkan video dari selebritas atau influencer.

SociaBuzzcreative talent marketplace untuk mencari dan memesan berbagai talenta dan jasa kreatif secara on demand, meluncurkan layanan terbarunya yaitu Video Ucapan Personal. Konsep serupa yang ditawarkan Cameo di Amerika Serikat dan Kaget baru-baru ini. Menurut CEO SociaBuzz Rade Tampubolon, terdapat perbedaan yang signifikan dari platform yang mereka luncurkan.

“Kalau bedanya dengan Cameo, kita fokus kepada pasar di Indonesia. Kalau bedanya dengan Kaget, berhubung SociaBuzz adalah talent marketplace, jadi semua yang bergabung di SociaBuzz bisa mendapatkan akses juga untuk melakukan monetisasi melalui fitur baru Video Ucapan ini. Tidak hanya artis, tapi semua talent yang punya ‘fans’ bisa monetize their fans,” kata Rade kepada DailySocial.

Saat ini Video Ucapan Personal baru bisa diakses di mobile browser dan desktop. SociaBuzz mengklaim, meskipun baru diluncurkan namun platform ini telah memiliki sekitar 60 talenta. Secara keseluruhan terdapat ribuan talenta yang terdaftar di SociaBuzz.

Strategi monetisasi

Saat ini SociaBuzz menerapkan sistem bagi hasil dengan para talenta yang bergabung, yaitu 80% untuk talenta, dan 20% untuk SociaBuzz. Untuk memudahkan proses pembayaran pengguna yang ingin mendapatkan video personal, SociaBuzz menyediakan pilihan pembayaran melalui Midtrans dan transfer bank. Ke depannya pembayaran melalui GoPay akan dihadirkan.

Para talenta ini bisa menentukan sendiri rate mereka. Meskipun demikian, beberapa talenta tidak mematok harga pasti, jadi mereka akan melihat berdasarkan permintaan yang masuk dari pengguna. Semua sudah disediakan di kolom formulir untuk penggemar mengisi dana yang bisa mereka berikan kepada talenta tersebut.

“Kita punya visi to be the best place where talents, businesses, and people can achieve more together. Melalui fitur baru ini semakin memperkuat visi SociaBuzz untuk menjadi wadah yang bisa menguntungkan berbagai pihak (talent, bisnis, masyarakat). Dengan fitur baru ini talenttalent ternama bisa membuat fans-nya happy, sekaligus mendapatkan manfaat finansial,” tutup Rade.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id