17 April 2013

by Iqbal Farabi

Social Media Report: Statistik Facebook Pages di Indonesia Selama Maret 2013 dari Socialbakers

Layanan statistik media sosial, Socialbakers, seperti biasanya kembali merilis laporan mengenai keadaan berbagai media sosial. Laporan terakhir yang dirilis baru-baru ini membahas mengenai kondisi Facebook Pages di Indonesia selama Maret 2013.

Seperti laporan bulan lalu, BlackBerry masih memuncaki daftar brand dengan penggemar lokal terbanyak di Facebook. Secara keseluruhan daftar ini bisa dibilang tidak berubah dengan 8 dari 10 brand teratas masih dihuni oleh brand-brand yang sama dengan laporan untuk bulan Februari lalu. Pendatang baru di daftar ini hanya XL Rame dan Kratingdaeng Indonesia yang masing-masing menempati urutan 8 dan 10.

Demikian juga kondisinya dengan daftar media dengan penggemar lokal terbanyak di Facebook. Dari sepuluh brand teratas, delapan diantaranya masih sama diisi oleh media-media yang menghuni daftar tersebut bulan lalu. Perubahan mencolok hanya terjadi pada akun Facebook Security yang tiba-tiba melonjak ke posisi 4.

Sementara untuk kategori brand dengan engagement rate terbesar ditempati oleh brand-brand Combiphar, Prenagen, Gly Derm, Teh Pucuk Harum dan KLM Indonesia. Meskipun patut diperhatikan bahwa dua posisi teratas justru mengalami penurunan angka engagement rate selama Maret lalu.

Terakhir kategori brand-brand dengan akun Facebook Page paling responsif dipuncaki oleh WRP, Acer, Wardah, Lactamil, dan HiLo Teen.

Untuk melihat laporan lengkap dari Socialbakers, Anda bisa mengunjungi tautan ini.