Categories

Berita

Sociolla Terus Optimalkan Konsep Omnichannel, Sembari Tambah Gerai Ritel Baru

Lokasi gerai dipilih berdasarkan pertumbuhan permintaan yang signifikan dari database konsumen Sociolla

Marsya Nabila - 3 December 2020

Perusahaan beauty-tech Social Bella (induk dari brand Sociolla) mengungkapkan kondisi pandemi berhasil memvalidasikan konsep omnichannel tetap berjalan optimal saat ekspansi gerai baru. Sepanjang tahun ini Sociolla meresmikan 10 gerai baru yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, dan Surabaya.

Perusahaan pertama kali meresmikan gerai pertamanya di Lippo Mall Puri Jakarta pada pertengahan tahun lalu.

Dalam keterangan resmi, gerai berkonsep omnichannel ini memiliki tampilan interaktif yang terhubung langsung ke situs Sociolla dan platform SOCO. Dengan demikian, para pengunjung mendapat produk yang tepat sambil menikmati pengalaman belanja yang unik, dan seamless.

Untuk mendapatkan informasi dan review seputar produk yang akan dibeli, pengujung cukup scan barcode di aplikasi SOCO. Atau jika pengunjung sudah memiliki daftar produk yang ingin dibeli di keranjang belanja di situs Sociolla dapat langsung melakukan transaksi di bagian pembayaran.

“Hadirnya 10 gerai baru Sociolla Store merupakan bentuk komitmen kami untuk senantiasa menghadirkan pengalaman berbelanja produk perawatan diri dan kecantikan secara komprehensif dan menyenangkan bagi para beauty enthusiast,” kata Co-Founder & CMO Social Bella Indonesia Chrisanti Indiana dalam keterangan resmi.

Dia melanjutkan, pembukaan 10 gerai ini adalah rangkaian dari langkah perusahaan sebagai beauty-tech terdepan di Indonesia, pasca ekspansi internasional perdananya ke Vietnam pada Oktober lalu.

Pemilihan lokasi gerai ini, selain didasarkan pada lokasi strategis di tiap area tersebut, merujuk pada data internal perusahaan memperlihatkan pertumbuhan permintaan yang signifikan dari lima kota tersebut. Meski gerai tersebut diresmikan saat pandemi, tetap mendapat antusiasme yang cukup baik dari para pengunjung saat grand opening.

Pihaknya tetap memberlakukan sejumlah kebijakan ketat dan protokol kesehatan sebagai upaya memberikan rasa aman bagi pelanggan yang berbelanja langsung ke toko. Secara berkala, gerai disemprot disinfektan, menerapkan kebijakan untuk jaga jarak aman, no touch dan no tester, memakai masker, dan sebagainya.

“Saat ini dapat dikatakan pelanggan masih dalam proses adaptasi dengan peraturan mengenai PSBB di masing-masing daerah. Hal ini berpengaruh terhadap kegiatan berbelanja langsung di gerai offline yang mana belum seoptimal seperti dalam keadaan normal, namun kami memastikan agar konsumen tetap nyaman dan aman saat berbelanja,” terangnya.

Ditanya lebih jauh bagaimana rencana perusahaan berikutnya untuk ekspansi pada tahun depan, Chrisanti enggan membeberkan lebih lanjut. Ia hanya menuturkan, “Kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumen, bila ada informasi terkait pembukaan toko di tahun depan, kami akan informasikan lebih lanjut,” ucapnya saat dihubungi secara terpisah oleh DailySocial.

Praktik omnichannel oleh perusahaan teknologi

Konsep omnichannel yang dijalankan Sociolla, sudah banyak dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan teknologi di Indonesia sebagai bentuk mendekatkan diri kepada konsumen. Salah satunya adalah Blibli, mereka membentuk aplikasi Blibli Mitra untuk menyasar pedagang kelontong dapat go digital.

Sebenarnya ia tidak jauh berbeda dengan layanan sejenis yang dirilis kompetitor, seperti Mitra Bukalapak, Mitra Tokopedia atau Mitra Shopee. Aplikasi ini membuka akses produk digital, seperti pulsa, paket data, voucher game, token listrik, BPJS, dan tiket kereta api yang dapat dijual mitra kepada pelanggannya.

Pembeda yang mencolok adalah Blibli Mitra sudah terintegrasi dengan ekosistem e-commerce yang dibentuk Blibli, baik itu sistem pembayaran, pengadaan & logistik, hingga platform online. Dengan demikian, pengalaman mitra saat stok barang untuk warungnya, persis seperti saat mereka belanja lewat platform e-commerce Blibli karena terhubung dengan Fulfillment by Blibli (FBB). Mitra yang berbelanja dapat menikmati fasilitas gratis ongkos kirim.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter