Categories

Business

Softbank Rilis Penjualan 1.000 Unit Robot, Ludes Hanya Dalam Waktu 1 Menit

Oki Rosgani - 24 June 2015

Robot telah menjadi perhatian manusia sejak beberapa tahun belakangan ini, tidak hanya hadir di lingkungan indsutri, kini robot juga telah merambah ke lingkungan rumah tangga. Di beberapa sekolah, para siswa dan mahasiswa juga telah diajarkan materi pelajaran tentang robot, pengetahuan mereka tidak hanya dijejali dengan pemahaman konsep dasar dari cara kerja robot, namun juga diajarkan bagaimana merakit dan membuat robot itu sendiri.

Softbank, salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang telekomunikasi dan teknologi asal negara matahari Jepang, telah memproduksi robot bernama Pepper, robot ini sebenarnya pernah di perkenalkan pada tahun lalu namun pemasaran dari robot ini baru dilakukan pada tanggal 10 Juni 2015 lalu di Jepang.

Menariknya, dari 10.000 unit robot Pepper yang dijual oleh pihak Softbank, semuanya ludes terjual dalam waktu satu menit saja. Ini mengindikasikan bahwa kebanyakan orang sangat bermiat untuk memiliki robot di rumah mereka. Padahal, harga per unit robot Pepper dijual dengan harga yang relatif mahal, yakni US$ 1.600 atau, jika mengacu pada kurs dollar saat ini harganya setara dengan Rp.21,2 juta-an. Tidak hanya itu, pengguna juga diharuskan membayar biaya asuransi dan paket data berbasis cloud seharga $200 untuk tiap bulannya.

Info Menarik: Cuma Sekepalan Tangan, Micro Drone 3.0 Bisa Terbang dan Merekam Video HD

Padahal Si Pepper ini merupakan sebuah robot yang tidak bisa banyak membantu pekerjaan manusia secara fisik, berebeda dengan Budgee, robot yang bisa menjadi asisten pemiliknya saat berbelanja atau Robobarista yang bisa membuatkan Anda kopi. Tetapi Pepper si robot ini memang memiliki kemampuan cukup canggih dimana ia bisa mengenali dan merespon keadaan emosi manusia. Robot ini bisa menjadi teman bagi pemiliknya, sebelumnya Pepper juga pernah membantu memasarkan mesin kopi buatan Nescafe dan bisa berinteraksi dengan anak kecil.

Pepper Si Robot | Foto: Japan CNET

Sayangnya, saat ini pihak Softbank hanya memasarkan robot tersebut untuk kawasan Jepang, meski ada kemungkinan akan tersedia untuk pasar luar Jepang tetapi robot ini membutuhkan layanan paket data cloud dari Softbank yang notabene hanya tersedia di kawasan Jepang dan sekitarnya. Apakah Anda tertarik untuk memiliki sebuah robot di rumah anda?

Sumber dan Gambar Header: Ubergizmo

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter