1. DScovery

Software Engineer: Definisi, Tugas, Skill, Gaji

Software Engineer adalah orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak. Apakah kamu tertarik untuk melamar? Pelajari lebih lanjut tentang pekerjaan ini dengan membaca definisi, tugas-tugasnya, skill, serta gaji yang dimiliki Software Engineer!

Software Engineer adalah bagian dari industri Teknologi Informasi (TI), yang mencakup orang-orang yang berfokus pada segala jenis sistem komputer dari browser web hingga sistem operasi.

Software Engineer biasanya memiliki kombinasi pengetahuan bisnis, keterampilan pemrograman, dan pengalaman dengan berbagai proses TI.

Hampir setiap industri mulai dari perbankan hingga manufaktur menggunakan Software Engineer sebagai bagian integral dari bisnisnya masing-masing.

Pekerjaan di bidang Software Engineer sangat menarik dan menjanjikan. Jika kamu senang memecahkan masalah atau senang mempelajari ilmu komputer dan teknologi, pekerjaan ini mungkin cocok untuk kamu.

Kalau kamu tertarik, kenali lebih dalam tentang Software Engineer!

Definisi Software Engineer

Software Engineer adalah pemrogram komputer yang sangat terlatih yang membuat program perangkat lunak untuk memecahkan masalah.

Merekalah yang melakukan perancangan perangkat lunak, menulis atau menguji program komputer, mendiagnosis masalah dalam perangkat lunak, dan menyarankan programmer tentang bagaimana meningkatkan kualitas pekerjaan mereka.

Biasanya, orang yang berada dibidang ilmu komputer atau teknik informatika, dapat mencoba menjadi Software Engineer karena sudah memiliki ilmu terkait dasar-dasar komputer.

Tentunya, Software Engineer harus menguasai dasar-dasar pemrograman, salah satunya adalah bahasa pemrograman. Contoh bahasa pemrograman adalah seperti Python, Java, SQL, dan C/C++.

Selain Software Engineer, terdapat nama yang hampir sama namun dengan tugas yang berbeda, yaitu Software Developer.

Yang membedakan adalah tugas yang mereka lakukan. Software Engineer mengawasi pengembangan sistem komputer dan perangkat lunak, sedangkan Software Developer lebih fokus pada pembuatan kode (coding) dan mengujinya untuk memastikannya berfungsi.

Lalu, seperti apa tugas-tugas lainnya yang dilakukan oleh Software Engineer?

Tugas Software Engineer

Software Engineer adalah tulang punggung perusahaan teknologi mana pun. Karena itu, tentunya tugas-tugas yang mereka lakukan pun tidak mudah dan sangat krusial.

Apa saja kah tugas-tugas itu?

Mendesain dan Merawat Sistem Software

Tugas utama Software Engineer adalah mendesain dan merawat sistem perangkat lunak dengan baik.

Mereka bertanggung jawab untuk menganalisis kebutuhan pengguna, dan kemudian merancang perangkat lunak yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Mengevaluasi dan Menguji Program Software

Sebagai Software Engineer, mereka memiliki tugas untuk mengevaluasi dan menguji program perangkat lunak.

Mereka harus mengujinya untuk efisiensi, kekuatan, dan kemudahan penggunaan. Software Engineer akan menguji program dengan menjalankannya di komputer yang berbeda, dalam pengaturan dan konfigurasi yang berbeda.

Mengoptimasi Kecepatan dan Skalabilitas Software

Software Engineer bertugas untuk mengoptimalkan kecepatan dan skalabilitas perangkat lunak.

Tugas mereka adalah memastikan aplikasi bekerja secara konsisten dan efisien. Mereka akan melakukan ini dengan mengoptimalkan kode serta mengoptimalkan kecepatan dan skalabilitas.

Menulis dan Menguji Kode Pemrograman

Software Engineer bertanggung jawab untuk menulis dan menguji kode pemrograman.

Sebagai Software Engineer, mereka juga dapat menguji dan mengevaluasi kode pemrograman tersebut untuk tujuan memastikan kinerja yang tepat.

Memberikan Konsultasi

Software Engineer juga memiliki tugas untuk memberikan sebuah konsultasi kepada klien, sesama engineer, spesialis computer security, dan stakeholder lainnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan gambaran tentang masalah yang dipecahkan atau mengusulkan strategi implementasi berdasarkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip desain perangkat lunak.

Lantas, apa saja keterampilan yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut?

Skill Software Engineer

Keterampilan seorang Software Engineer adalah tentang mengurus desain, pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan keseluruhan sistem. Mereka harus memantau berbagai aspek yang memengaruhi perangkat lunak yang meliputi keamanan, kinerja, dan bahkan proses bisnis.

Berikut ini adalah skill-skill yang harus dimiliki Software Engineer:

Coding dan Bahasa Pemrograman

Memahami dasar-dasar bahasa pemrograman adalah keterampilan mendasar bagi Software Engineer.

Kamu perlu memahami setidaknya satu bahasa pemrograman untuk menjadi Software Engineer yang sukses, tetapi menguasai banyak bahasa akan membuat kamu lebih berharga di pasar tenaga kerja saat ini.

Memahami Penggunaan Operating System (OS)

Kamu diharuskan memiliki pengetahuan yang baik tentang penggunaan sistem operasi (OS).

Software Engineer harus dapat mengoperasikan dan mengidentifikasi fitur-fitur umum di berbagai OS, seperti Windows, Mac OS, dan UNIX.

Memahami Database

Database adalah bagian yang sangat penting dari ilmu komputer. Karena itu, sebagai Software Engineer, kamu diharuskan untuk memahaminya.

Kamu harus memahami dan memiliki pemahaman yang baik terkait basis data. Kamu harus dapat merancang skema database, menulis kueri dan pemicu, mengelola masalah kinerja database.

Memahami End-to-End Testing

Software Engineer harus memahami end-to-end testing, termasuk jenis pengujian, alat, dan dokumentasi.

End-to-end testing dapat digunakan untuk menguji aplikasi yang kompleks dan interaksinya dengan sistem pihak ketiga, untuk memastikan bahwa semua fitur berfungsi seperti yang diharapkan.

Memahami Software Development Life Cycle (SDLC)

Kamu harus memiliki pengetahuan mendalam tentang Software Development Life Cycle (SDLC) jika kamu seorang Software Engineer.

SDLC adalah model yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola berbagai tahapan proses pengembangan perangkat lunak.

Kira-kira, berapa gaji yang didapatkan Software Engineer yang memiliki skill dan tugas yang cukup berat ini?

Gaji Software Engineer

Gaji untuk Software Engineer sangat bervariasi tergantung pada spesialisasi mereka. Ini karena mereka dapat berspesialisasi dalam berbagai bidang yang berbeda, sehingga gaji mereka bervariasi tergantung pada bidang mana yang mereka pilih.

Biasanya, mereka akan memiliki gaji sekitar Rp5.000.000 – Rp45.000.000.

Namun, kisaran lebih detail lagi tergantung pada pekerjaan tertentu yang kamu lamar serta pengalaman pribadi, pendidikan, dan keahlian.

Demikianlah penjelasan lengkap terkait Software Engineer, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again