Categories

Misc

SolaRoad Adalah Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang Menyamar Sebagai Jalanan

Glenn Kaonang - 12 May 2015

Jalanan yang bisa menghasilkan energi listrik, bukankah ini impian setiap daerah? Kita memang sudah punya pembangkit listrik tenaga air, angin atau matahari, dan ketiganya mengandalkan sumber yang terbaharukan. Namun yang kerap dipermasalahkan adalah begitu luasnya lahan yang diperlukan untuk mendirikan ketiga sistem pembangkit listrik tersebut.

Maka dari itu, ide dimana jalanan bisa berfungsi sebagai pembangkit listrik sangatlah menarik. Secara teori, kita tidak perlu menyediakan lahan kosong, melainkan jalanan yang sudah ada dan dilalui oleh berbagai kendaraan sehari-harinya.

Demikianlah gagasan di balik lahirnya SolaRoad. SolaRoad merupakan sebuah proyek asal Belanda yang tengah menjalani tahap uji coba selama tiga tahun, dimulai dari November 2014 lalu.

Memahami konsep SolaRoad tidak sulit. Pengembangnya hanya perlu mengeruk tanah, menempatkan komponen-komponen yang biasa dibutuhkan sistem panel surya di dalam wadah beton, lalu menutupnya dengan lapisan tempered glass setebal sekitar 1 cm.

Energi listrik yang didapat kemudian disalurkan ke jaringan listrik setempat, menyuplai tenaga untuk lampu jalan, lampu lalu lintas, rumah-rumah di sekitar, dan harapan ke depannya, mobil listrik yang melaju di atasnya.

Info menarik: Tesla Energy Adalah Solusi Energi Alternatif dari Sang Produsen Mobil Listrik

Pada masa pengujian perdananya, SolaRoad menyulap jalur sepeda sepanjang 70 meter di kota kecil bernama Krommenie, Belanda. Selama sekitar 6 bulan beroperasi, sebanyak 150.000 pesepeda telah melintas di atas jalur sepeda pembangkit listrik tersebut.

Namun yang terpenting adalah bagaimana efektivitas SolaRoad dalam memproduksi tenaga listrik. Dalam jangka waktu sekitar setengah tahun, jalur sepeda sepanjang 70 meter itu berhasil menghasilkan lebih dari 3.000 kWh energi listrik, melampaui ekspektasi pengembangnya sendiri.

Kalau dihitung-hitung, energi sebesar ini bisa menyuplai tenaga listrik untuk rumah tangga satu orang selama setahun, atau memasok daya skuter elektrik hingga dapat mengelilingi dunia selama 2,5 kali.

Info menarik: Unboxing dan Review Lumia 640 XL, Smartphone untuk Bekerja dan Hiburan

SolaRoad juga bukan tanpa pesaing. Di Amerika Serikat, ada proyek serupa bernama Solar Roadways yang mengawali debutnya melalui platform crowdfunding Indiegogo (yang dalam perkembangannya agak sedikit kontroversi). Meski keduanya masih dalam tahap awal, paling tidak SolaRoad telah memublikasikan laporan bahwa teknologinya cukup efektif dalam menghasilkan energi listrik.

Meski demikian SolaRoad bukan tanpa cacat. Selama masa pengujiannya, ada sejumlah kerusakan pada lapisan luar SolaRoad. Hal ini disebabkan oleh pergantian cuaca dan fluktuasi suhu yang cukup drastis. Kendati demikian, SolaRoad akan terus menjalani tahap uji cobanya, dan rencananya akan diperluas ke kawasan-kawasan lain nantinya.

Sumber: SolaRoad via Engadget. Sumber gambar: SolaRoad.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter