19 September 2016

by Bambang Winarso

Solid Explorer Lebih Aman dengan Hadirnya Dukungan Enkripsi dan Sidik Jari

Solid Explorer versi 2.2 sudah dapat diunduh dari toko aplikasi Google Play Store

Semua perangkat smartphone, baik Android ataupun iOS secara default sudah mendapat pesangon berupa aplikasi manajemen file atau lebih sering disebut dengan aplikasi file manager. Kendati tak digunakan sebagai aplikasi harian seperti halnya SMS atau email, file manger tetaplah sebuah tool vital yang wajib dipunyai. Sehingga tak jarang banyak pengguna merasa butuh aplikasi yang lebih powerful, walhasil maraklah bermunculan aplikasi-aplikasi serupa di Play Store.

Salah satu yang cukup digemari adalah Solid Explorer yang dikembangkan oleh NeatBytes, pengembang asal Warsawa, Polandia yang cukup produktif khususnya di ranah aplikasi manajemen file. Jika Anda ternyata merupakan salah satu penggunanya, NeatBytes baru saja memberikan kejutan hebat dengan meluncurkan versi 2.2 yang menghadirkan sejumlah fitur baru.

Berdasarkan penelusuran Dailysocial dalam log update Solid Explorer 2.2 terpampang beberapa poin yang menjadi hal baru di dalamnya.

Di baris teratas, Solid Explorer menghadirkan fitur enkripsi standar AES256 yang memberikan cara lebih aman bagi pengguna untuk berbagi berkas. Aplikasi juga menyuguhkan fitur dekripsi sebagai langkah pembalik untuk mengakses berkas secara normal.

Berikutnya, NeatBytes juga menambahkan dukungan pemindai sidik jari bagi perangkat yang sudah mempunyai sensor tersebut. Walhasil, selain lebih aman dari peretas, kini berkas-berkas penting juga bisa dilindungi dari akses orang usil di sekitar Anda.

Sementara untuk pengguna perangkat Android Nougat, Solid Explorer sudah mengantisipasi penggunaan multiwindow dengan memberikan dukungan secara penuh saat platform ini makin banyak diadopsi oleh pabrikan. NeatBytes juga menambahkan tema siang dan malam yang bisa berganti secara otomatis, kemudian reset timer,homescreen shorcut, lalu perbaikan berkas yang tersembunyi setelah dihapus, kegagalan membuka berkas tgz dan juga peningkatan performa Viewer.

Sumber berita AndroidPolice.

Application Information Will Show Up Here