14 March 2017

by Glenn Kaonang

Topi Ini Dapat Mengisi Ulang Baterai Smartphone Anda

Mengemas panel surya mini pada bagian depannya

Event tahunan South by Southwest (SXSW) yang digelar di kota Austin kerap menjadi panggung demonstrasi produk-produk teknologi yang sedikit nyeleneh. Salah satu contohnya adalah produk bernama SolSol ini. Ia merupakan sebuah topi, wujudnya pun persis seperti topi biasa, akan tetapi ia bisa mengisi ulang baterai ponsel Anda.

Rahasianya terletak pada panel surya yang tertanam di bagian depannya. Tidak cuma ponsel yang bisa di-charge, tetapi juga smartwatch, action cam maupun perangkat-perangkat lain yang menyambung via USB. Pun demikian, jangan harap proses charging-nya bisa secepat menggunakan laptop atau bahkan colokan listrik.

Menurut klaim pengembangnya, SolSol dapat mengisi daya sebesar 200 mAh per jam. Seandainya Anda butuh waktu satu jam untuk mengisi ulang menggunakan colokan listrik, atau dua jam menggunakan laptop, maka Anda butuh sekitar 2,7 sampai 4 jam menggunakan SolSol.

Karena daya yang disalurkan sangat kecil, SolSol mungkin lebih cocok untuk mempertahankan daya baterai ponsel ketimbang mengisinya ulang sampai penuh / SolSol

Dengan keterbatasan ini, SolSol jelas belum bisa menggantikan power bank, tapi ia akan sangat membantu di saat-saat darurat. Perlu dicatat juga, SolSol tidak mengemas baterai, yang artinya ia tidak bisa menyimpan energi listrik, sehingga percuma saja kalau Anda menggunakannya di malam hari.

SolSol saat ini sudah bisa dibeli seharga $56. Model yang tersedia untuk sementara hanya topi baseball, tapi pengembangnya sedang berupaya menyematkan teknologinya ke lebih banyak jenis topi sekaligus mematangkan teknologinya supaya bisa mengisi ulang baterai dengan lebih cepat.

Sumber: Engadget.