Halo, jumpa lagi dengan saya di kolom Ask the Expert. Kolom koresponden dimana Anda dapat melayangkan pertanyaan seputar Android, blog, SEO, gaming, komputer dan apapun terkait gadget dan teknologi kepada para expert kami.

Edisi minggu ini mengangkat tiga pertanyaan yang ditinggalkan oleh pembaca setia TRL, berikut selengkapnya.

Pertanyaan Pertama:

Saya sudah coba cara ketiga di artikel 3 cara Membuka Smartphone yang Lupa Password, tetapi factory resetnya tidak keluar, bagaimana caranya?

Wahyu

Info Menarik:[Panduan Pemula] Cara Mengubah Aplikasi Default di Smartphone Android

Jawaban:

Saya sebenarnya belum begitu menangkap permasalah dari saudara Wahyu. Apakah kendala yang dimaksud recoverymode-nya yang gagal jalan atau factoryresetnya. Jika yang dimaksudkan adalah recovery mode, maka perlu diketahui bahwa cara untuk masuk ke mode ini berbeda antara satu ponsel dengan ponsel lainnya.

Untuk itu, silahkan baca artikel ini untuk mengetahui cara masuk ke recovery mode berdasarkan tipe ponsel Anda. Atau jika ponsel Anda sudah dalam kondisi root, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti MobileUncle atau Reboot to Recovery.

Pertanyaan Kedua

Mas, Aplikasi android apa yg mampu memindahkan atau setidaknya me-link file “data” ke sd-external?
Saya pake rooted-gingerbread. Mengandalkan Link2Sd + ext3 utk mngatasi masalah kurangnya space memori. Lalu memanage aplikasi nya: ON SD-CARD, LINKED -> SD-CARD

Tapi ternyata file “data” tidak terlink. Padahal beberapa aplikasi file “data” nya besar, mohon pncerahannya.

Arie

Jawaban:

Terima kasih Arie atas pertanyaannya yang lumayan “menantang”. Kelemahan dari perangkat lama memang terletak pada kapasitas memori internalnya yang terbatas. Apa yang Arie lakukan sudah sangat tepat, yakni menggunakan aplikasi yang mampu menghubungkan data aplikasi.

Ada beberapa aplikasi yang bisa dicoba. Berikut rekomendasi saya:

Semoga dapat membantu ya.

Info Menarik:Tutorial Menggunakan Office Remote Untuk Windows Phone

Pertanyaan Ketiga:

Apa langkah berikutnya supaya blog kita tenar dan lolos kalau daftar adsense ? terimakasih.

Zugiek

Jawaban:

Halo Zugiek, untuk membuat sebuah blog menjadi tenar atau terkenal yang paling dibutuhkan adalah passion untuk konsisten nge-blog. Sebab tanpa itu, apapun trik dan tips akan menjadi sebuah bacaan yang sia-sia.

Di artikel blogger blueprint yang dapat Anda baca di tautan ini saya sudah memberikan tips dan panduan lengkap untuk memulai menjadi blogger. Saya anggap Anda sudah membacanya, itu sebuah awal yang sangat bagus. Berikutnya Anda dapat membaca tips-tips pelengkapnya di tautan-tautan ini:

Kemudian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar blog diterima di Google Adsense, antara lain:

  • Artikel harus orisinil, bukan hasil copy paste dari blog orang lain.
  • Lengkapi halaman privacy policy, about, sitemap dan kontak.
  • Hindari tautan ilegal, misalnya unduhan aplikasi, game, film atau lagu.
  • Hindari konten-konten dewasa.
  • Fokus ke niche tertentu saja, karena Google lebih menyukai blog seperti ini. Misalnya blog Anda membahas soal dunia pemancingan. Maka sebaiknya hanya membahas soal pancing memancing, jangan ikut membahas soal KPK vs Polri.
  • Setelah menulis, bagikan tulisan ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, Pinterest, dan lain-lain.
  • Kemudian bagian juga ke social bookmark, misalnya ke Lintas, Infogue, Populerkan, dan lain-lain.
  • Pilih theme yang mobile friendly, ini untuk mengantisipasi algoritma terbaru Google.
  • Terapkan SEO on page dan off page dengan intensitas yang normal, jangan berlebihan.
  • Terakhir yang tak kalah penting, jangan buru-buru mendaftarkan blog ke Google Adsense. Pastikan blog Anda sudah memiliki traffic yang baik dan juga indeks yang memadai.

Untuk sementara itu jawaban dari saya saudara Zugiek, semoga bisa memberi ide dan semangat untuk terus konsisten ngeblog.

Sumber gambar header Shutterstock.