1. Startup

Solusi Berbasis Smart City Dihasilkan dari Berbagai Kampus dalam Smart Digitizing Your City 2016

Tiga prototipe produk terbaik dihasilkan dari ITS, UGM dan Poltek Negeri Surabaya

XL Axiata tampaknya masih terus berusaha mencari solusi inovatif untuk menyambut transformasi digital di Indonesia yang sekarang kian masif. Salah satu yang XL lakukan dengan mengadakan kompetisi. Yang teranyar adalah kompetisi “Smart Digitizing Your City 2016” yang telah mendapatkan tiga pemenang utama. Yang pertama adalah solusi digital Safety Parking dari ITS, yang kedua adalah solusi TransAPP dari UGM dan di tempat ketiga ada Ther Surface dari Poltek Negeri Surabaya. Selain itu penghargaan khusus juga diberikan kepada Taponesia dari ITS.

Para pemenang tersebut dipilih dari kurang lebih 1069 proposal yang masuk ke panitia, kemudian diseleksi. Dan setelah melewati penilaian dewan juri akhirnya diumumkan pemenang-pemenang tersebut. Salah satu tantangan utama yang coba diselesaikan ajang ini adalah masalah perkotaan yang sekiranya bisa diselesaikan dengan teknologi digital. Termasuk dengan usulan-usulan dari tiap peserta terkait kota mereka masing-masing.

Chief Corporate Affairs Officer XL Eka Bramantya Danuwirana menjelaskan bahwa dari kompetisi ini lahir banyak ide hebat dari generasi millennial di Indonesia yang sejak dari lahir sudah akrab dengan digital. Untuk itu melalui kompetisi ini mereka juga mendapatkan tempat untuk mengeksplorasi potensi teknologi digital untuk memecahkan masalah sosial yang dihadapi masyarakat.

“Saya cukup surprise dengan ide-ide mereka, yang sangat original dan tak terbayangkan sebelumnya. Satu hal yang bisa kita petik, dengan memanfaatkan teknologi digital secara positif, sesuatu problem yang sepertinya tak mungkin diatasi bisa menjadi mungkin,” ujar Eka.

Para peserta sendiri berasal dari berbagai perguruan tinggi dari berbagai kota di Indonesia, termasuk Indonesia di bagian timur dengan komposisi peserta 50% dari Jawa, 10% Kalimantan, 25% Sumatera, 5% Bali dan NTB, 2% Maluku dan NTT, dan 8% dari Sulawesi.

Ada 3 kategori yang dikompetisikan, pertama kategori pelayanan publik di kota masing-masing, kedua birokrasi efektif melalui digitalisasi, dan sektor teknologi finansial. Dari total keseluruhan proposal yang masuk 70% ide untuk kategori pelayanan publik, 20% dari teknologi finansial, dan 10% dari birokrasi pemerintah.

XL sendiri mengganjar tiga pemenang dengan uang tunai, masing-masing untuk Juara 1 Rp 30 juta, Juara 2 Rp 20 juta, dan Juara 3 Rp 10 juta. Selanjutnya, agar karya para peserta tidak berhenti pada ide dan kompetisi, XL juga akan memfasilitasi agar bisa diadopsi oleh pemerintah daerah masing-masing. Apabila ide tersebut sesuai dengan kebutuhan di kota asal, maka XL akan membantu untuk merealisasikannya melalui program XL XmartCity yang membantu pengembangan sejumlah kota dalam mengimplementasikan solusi digital untuk mengatasi problem perkotaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again