Categories

Tips & Trik

[Ask the Expert] Solusi Notifikasi BBM yang Tidak Muncul dan Cara Ganti Font di Smartphone Samsung

Bambang Winarso - 10 September 2015

Hari ini saya baru sadar kalau notifikasi BBM yang tidak muncul jadi masalah yang paling sering ditanyakan. Berarti, solusi yang pernah saya berikan di edisi lalu sepertinya tidak efektif untuk beberapa pengguna.

Untuk itu saya putuskan menjajal satu solusi baru yang bisa dipakai, tapi mungkin ini pun tidak akan mengatasi masalah semua orang. Kemudian ada juga pertanyaan soal mengubah huruf di ponsel Samsung yang juga akan saya bahas di edisi ini.

Pertanyaan Pertama

Handphone saya ace 3. Ada masalah dengan bbm nya, soalnya ketika ada bbm masuk tidak ada notifikasinya, padahal settingannya sudah all notifications. Thanks

Mukhlisin, Husnil Putra, Devi dan Rezky Ananda

Jawaban

Penanya di pertanyaan ini sengaja saya gabung karena inti dari permasalahannya kurang lebih sama. Yaitu problem di notifikasi BBM. Setelah diperiksa kembali dan berdasarkan pengujian ada satu cara yang patut untuk dicoba.

  • Buka aplikasi BBM – Setting
  • Kemudian pastikan semua notifikasi dalam posisi ON dan pilih tone-nya BBM.
  • Setelah itu tutup aplikasi dan buka menu Setting – Apps – BBM.
  • Di bawah tombol force close ada opsi Show notifications, nah pastikan kotak opsi tersebut diberi tanda centang.
  • Sekarang coba restart ponsel Anda dan tunggu hasilnya.

Lalu bagaimana dengan ikon BBM yang tiba-tiba hilang? Menurut saya itu dikarenakan sistem membutuhkan resource RAM yang lebih sehingga memutuskan untuk menutup aplikasi yang berjalan di belakang layar. Solusinya, coba copot aplikasi-aplikasi yang tidak begitu penting agar beban RAM menjadi lebih ringan.

Info Menarik:[Ask the Expert] Susah Login BBM di Gingerbread Custom ROM dan LINE Bisu Setelah Update

Pertanyaan Kedua

Bagaimana cara mengubah tulisan di saat menulis pesan ya? Saya kok berubah warna hitam, jadi gak jelas ketika membalas.

Hengky Erdiansyah

Jawaban

Solusi untuk permasalahan Hengky ada dua, pertama ubah ukuran atau jenis huruf dan kedua ganti keyboard standar dengan aplikasi keyboard pihak ketiga. Supaya tidak salah langkah, saya akan jabarkan keduanya.

Untuk mengganti ukuran huruf, silahkan masuk ke menu Setting – Display – Font Size. Dari sana Anda dapat memilih mau berapa besar huruf di ponsel Anda. Kalau untuk mengganti huruf kurang lebih di panel yang sama, tap Setting – Display – Font Style. Atau kamu jika Anda ingin pilihan font yang lebih banyak, Anda bisa memasang aplikasi pihak ketiga yang banyak bertebaran di Play Store.

Solusi berikutnya adalah dengan mengganti keyboard bawaan Anda. Nah, untuk tutorial ini Anda bisa membacanya secara detail di tautan ini dan ini atau jika Fleksy kurang oke, silahkan coba aplikasi keyboard lainnya di sini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter