Setelah Telkomsel berhasil menghadirkan T-Bike, salah satu solusi M2M (machine to machine) beberapa waktu lalu, kini Telkomsel berniat menjajal solusinya di beberapa brand sepeda motor seperti Honda, Suzuki, Yamaha, dan dari pabrikan Eropa seperti Vespa, Aprillia, BMW, MV Agusta dan lainnya. T-Bike sendiri dikenal sebagai sebuah layanan yang dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan seperti Find My Bike, Tracking, Engine On/Off, dan juga Geo Fence.

Find My Bike, salah satu fitur yang ada dalam layanan T-BIKE ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian lokasi sepeda motor, sedangkan fitur tracking dirancang untuk memungkinkan melacak lokasi kendaraan lengkap dengan alamat dan titik koordinat.

Dua fitur unggulan lainnya yakni Engine On/Off dan Geo Fence didesain untuk memberikan keamanan ekstra. Geo Fence misalnya, bekerja untuk memberikan peringatan batas aman kecepatan maksimum pada saat berkendara.

Vice President M2M Business Telkomsel Jaka Susanta mengatakan:

“Telkomsel menawarkan inovasi teknologi T-Bike yang hadir sebagai solusi digital terbaik untuk berkendara sepeda motor. Dengan penggunaan aplikasi T-Bike di 17 brand sepeda motor ini, kami ingin menunjukkan bahwa T-Bike dapat dengan mudah dan nyaman digunakan di semua jenis dan brand sepeda motor.”

Selain beberapa fitur unggulan di atas, T-Bike juga diklaim memiliki kelebihan dari segi pemasangannya yang cepat. Bahkan atas performanya ini T-Bike diganjar beberapa penghargaan dari beberapa lembaga seperti, MURI, Motor Plus, dan Forwot (Forum Wartawan Otomotif).

Jaka menambahkan, saat ini layanan T-Bike telah digunakan oleh sejumlah perusahaan untuk mendukung operasional pekerjaan mereka, seperti, KFC, Berrybenka, Wingstop, Carl’s Jr., Bakmi GM, Domino Pizza, Hoka-Hoka Bento, McDonald’s dan beberapa partner reseller sepeda motor seperti RTX dan Bintang Motor.

Pihak Telkomsel sendiri berharap dengan penggunaan layanan T-Bike ini dapat mendorong perilaku berkendara yang baik di seluruh kalangan masyarakat dan juga mendukung upaya peningkatan ketertiban berkendara dengan adanya fitur khusus bagi pengendara dan pemantau yang saling terintegrasi.

Lebih jauh Jaka menjelaskan bahwa sebenarnya T-Bike merupakan kelanjutan dari road map layanan T-Drive yang telah terlebih dahulu diperkenalkan Telkomsel untuk moda transportasi kendaraan roda empat, yang beroperasi dengan menggunakan Telkomsel Driving Analytics berupa OBD (On Board Diagnostic Device) GPS Tracking yang dapat dengan mudah di instalasi pada kendaraan.

Sementara itu seperti dikutip dari Selular.id, Jaka mengungkapkan optimisme Telkomsel di pasar M2M ini. Meski saat ini belum begitu ramai, dengan potensi teknologi internet of things yang terus berkembang solusi M2M bakal menjadi solusi yang dicari perusahaan-perusahaan.

“Kurang lebih selama setahun terakhir, kami telah berhasil menggaet 135 lebih perusahaan untuk menggunakan solusi M2M yang telah Telkomsel ciptakan. Dari 135 perusahaan tersebut, setidaknya ada sekitar 100 ribu pelanggan yang menggunakan layanan M2M kami,” terang Jaka.

Jaka juga menambahkan Telkomsel memasang target 500.000 pelanggan di akhir tahun ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.