Akui saja, kegiatan sehari-hari Anda tidak akan berjalan lancar tanpa smartphone. Di mana pun berada, kita membutuhkannya untuk selalu terhubung. Kendalanya, perangkat bergerak betul-betul bergantung pada jaringan mobile. Namun jangankan saat pergi ke daerah terpencil, tak jarang sinyal smartphone menghilang ketika Anda masuk ke basement bukan?

Celah keterbatasan jaringan seluler inilah yang bermaksud untuk diisi oleh tim Sonnet Labs. Lewat Kickstarter, mereka memperkenalkan Sonnet, sebuah ‘walkie-talkie super’ yang memungkinkan handset Anda tetap bisa mengirim pesan teks, rekaman suara, gambar, dan mengaktifkan GPS tanpa memerlukan jangkauan jaringan seluler, satelit, ataupun akses internet. Tapi tak seperti walkie-talkie, Sonnet sangat ringkas dan mudah digunakan.

Sonnet 1

Sonnet sendiri pada dasarnya dalah perangkat komunikasi off-the-grid. Device memiliki wujud seperti pirigan segi enam, ukurannya mirip power bank, sengaja dirancang sebagai perangkat outdoor. Struktur tubuhnya rugged, lalu device juga telah mendapatkan sertifikasi IP66, yang berarti anti-debu halus serta tetesan air hujan (atau tumpahan air dengan volume maksimal 100 liter per menit).

Untuk menggunakan Sonnet, Anda hanya tinggal menyambungkannya ke smartphone via Wi-Fi dan membuka link https://app.sonnetlabs.com. Selanjutnya, chatting bisa segera dilanjutkan. Data di handset akan dikirim ke unit Sonnet lain via gelombang radio jarak jauh. Metode ini sangat berguna ketika Anda sedang berkemah, traveling ke luar negeri, berada di area-area dengan jaringan mobile yang buruk, atau saat sedang terjadi bencana alam.

Sonnet 2

Berbeda dari walkie-talkie. kita tidak perlu mengutak-atik frekuensi serta memilih channel. Sonnet App sendiri bekerja layaknya aplikasi chat lain, mempersilakan Anda berkirim pesan ke individu atau grup, serta berinteraksi dengan sesama pengguna Sonnet di sekitar Anda (jangan cemas, Anda juga dapat memblokir mereka).

Sonnet mampu menjangkau jarak 5-kilometer atau hingga 15-kilometer jika tidak terhalang. Semakin banyak orang menggunakannya, maka kian luas pula jaringan Sonnet. Data dapat diteruskan hingga ke user lain yang berada 80-kilometer dari Anda via metode estafet. Menariknya lagi, jika salah satu pengguna Sonnet bisa mengakses internet, ia dapat men-share-nya agar user lain juga bisa membuka internet.

Selain komunikasi, perangkat ini dibekali banyak fitur-fitur berguna seperti peta offline, mode SOS serta tombol panik, bahkan ia bisa bekerja layaknya powerbank untuk mengisi baterai smartphone Anda.

Sonnet dapat Anda pesan sekarang di Kickstarter, di sana sepasang unitnya ditawarkan di harga US$ 90. Produk rencananya akan mulai didistribusikan pada bulan November 2017.