Categories

Gadget

Sony Alpha ZV-E10 Adalah Kamera Vlogger Ringkas dengan Sensor APS-C dan Lensa yang Dapat Ditukar

Sony Alpha ZV-E10 Dibanderol Rp10.999.000 di Indonesia

Lukman Azis - 30 September 2021

Sony Indonesia akhirnya resmi meluncurkan Alpha ZV-E10, kamera mirrorless dengan lensa yang dapat ditukar dan didesain khusus untuk para vlogger. Harganya dibanderol Rp10.999.000 dengan lensa kit 16-50 mm, akan hadir di Indonesia pada bulan November 2021 dalam warna hitam dan putih.

Bila mengikuti pre-order yang dibuka dari tanggal 29 September 2021 hingga 17 Oktober 2021. Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa program purchase with purchase spesial untuk produk Shooting Grip GP-VPT2BT seharga Rp1.199.000 dan microphone ECM-W2BT seharga Rp3.399.000.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, "Kami menilai bahwa diperlukan cara baru dalam memperlihatkan serta menyalurkan karya secara lebih kreatif, seru, dan ekspresif. Maka dari itu, kami sangat antusias untuk memperkenalkan kamera seri Alpha terbaru yang secara khusus didesain untuk para vlogger."

"Alpha ZV-E10 adalah kamera mirrorless dengan sensor besar – APS-C Exmor CMOS yang didesain untuk memudahkan penggunanya dalam berkreasi secara maksimal. Kamera ini juga memungkinkan para pengguna untuk mengganti-ganti lensa dengan mudah, sesuai dengan kebutuhan, agar dapat berkarya secara maksimal. Alpha ZV-E10 sangat cocok bagi para vlogger yang ingin beralih pada pengaturan yang lebih canggih, namun memiliki fitur yang mudah digunakan", tambahnya.

Desain Video-first dan Fitur Alpha ZV-E10

Seperti yang sudah saya bahas saat peluncuran global ZV-E10, ia merupakan versi advanced dari ZV-1, kamera compact 1 inci yang nyaris sempurna untuk daily vlog. Lewat ZV-E10, Sony menawarkan semua fitur yang dibutuhkan untuk pembuat konten awal atau yang ingin meningkatkan kualitas produksinya dengan sensor lebih besar CMOS Exmor APS-C 24,2MP dan sistem Sony E-mount yang membebaskan pengguna memasang lensa yang dibutuhkan.

Meski begitu, Sony mengemasnya dengan desain video-first dalam bentuk yang ringkas. Di mana sudah dilengkapi dengan layar LCD vari-angle bukaan samping, hot shoe, dan port mikrofon yang memungkinkan para vlogger menghubungkan mikrofon eksternal di atas kamera.

Selain itu, ZV-E10 juga didukung dengan berbagai fungsi lain yang mudah digunakan dan dirancang khusus untuk foto dan video. Termasuk tombol still/movie/slow dan quick motion baru yang terletak di atas kamera. Fitur video khusus dari ZV-1 juga turut dihadirkan, termasuk background defocus yang dapat beralih antara latar belakang bokeh dan tajam dengan mulus. Serta, mode product showcase setting yang memungkinkan kamera mengalihkan fokus dari wajah subjek ke objek yang disorot secara otomatis.

Saat dipasangkan dengan Shooting Grip opsional dengan Wireless Remote Commander (GP-VPT2BT), pengambilan gambar satu tangan disederhanakan dengan kemudahan akses zoom, record dan tombol yang dapat disesuaikan. Lampu perekaman (tally light) juga tersedia di bagian depan bodi untuk indikasi status perekaman. Frame merah pada layar LCD juga muncul saat perekaman untuk memberitahu pengguna dengan cepat dan mudah jika perekaman aktif saat berada di belakang kamera.

Untuk perekaman videonya, ZV-E10 mendukung hingga resolusi video 4K melalui pixel readout penuh tanpa pixel binning dengan Codec XAVC S dan bitrate 100Mbps. Juga Slow Motion 1080p 120fps dan turut didukung picture style seperti hybrid Log-Gamma (HDR), S-Gamut3.Cine, S-Log3, S-Gamut3, dan S-Log3. Serta, dilengkapi dengan stabilisasi gambar elektronik dengan mode aktif yang menghadirkan perekaman video stabil, bahkan pada saat berjalan dan pengambilan gambar dengan tangan.

Tentu saja, ZV-E10 sudah dilengkapi Fast Hybrid AF dan Real-time Eye AF untuk video, serta Real-time Tracking yang dapat melacak wajah dan mata subjek untuk pemfokusan otomatis yang cepat dan tepat. Menggunakan algoritma Face Priority AE, ZV-E10 secara otomatis dapat mengoreksi pencahayaan sehingga wajah subjek tidak terlalu terang maupun terlalu gelap ketika gambar diambil dalam pengaturan berbeda dengan perubahan cahaya yang dramatis.

Alpha ZV-E10 juga merupakan kamera yang sangat cocok untuk menunjang kegiatan para pengguna yang sedang menerapkan work from home, school from home, atau kegiatan online lainnya. Karena kamera ini dapat digunakan sebagai webcam atau kamera live streaming berkualitas tinggi hanya dengan menghubungkannya ke PC atau smartphone untuk meningkatkan mobilitas saat streaming tanpa memerlukan software tambahan. Alpha ZV-E10 mendukung standar yang digunakan untuk kamera USB seperti UVC (USB Video Class) / UAC (USB Audio Class).

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter