Categories

Berita

Sony Bantu Indosat Sediakan SIM untuk Transaksi E-Money

Menyematkan teknologi FeliCa untuk mengubah smartphone sebagai layanan pembayaran berbasis NFC

Prayogo Ryza - 21 October 2015

Sony tampaknya sedang gencar menjajaki Indonesia sebagai pasar baru mereka. Setelah minggu lalu menjalin kerja sama dengan Telkom untuk urusan smart card dengan teknologi NFC, kini mereka juga bermitra dengan Indosat memberdayakan smartphone untuk peruntukkan e-money memanfaatkan teknologi FeliCa.

Sama halnya kerja sama dengan Telkom, kerja sama dengan Indosat ini juga dalam kategori alat pembayaran. Sony akan mendukung layanan uang elektronik D-Tap yang diunggulkan Indosat. Teknologi tersebut rencananya akan segera diluncurkan November tahun ini. Layanan e-money yang digarap keduanya diklaim menjadi e-money smartphone pertama di Indonesia karena ditanam langsung di dalam kartu SIM.

Ke depannya Indosat akan menjual kartu SIM yang sudah memiliki teknologi FeliCa. Dengan demikian pelanggan dapat menggunakan layanan e-money secara langsung dengan memasukkan SIM card ke dalam smartphone yang memiliki teknologi NFC. Pelacakan transaksi dan informasi saldo akan dibantu dengan aplikasi tersendiri.

Sebelum Telkom, Sony juga telah bekerja sama dengan PT KAI Commuter Jabodetabek. Kerja sama yang terjalin Februari silam tersebut juga di bidang layanan pembayaran e-money menggunakan kartu dan gelang sebagai media transaksi.

FeliCa sendiri merupakan sebuah teknologi dari Sony berupa chip khusus yang dipasang di dalam perangkat. Untuk mempercepat ekspansi ke pasar luar negeri akhirnya Sony mencoba metode baru dengan memasukkan teknologinya ke dalam kartu SIM yang membuatnya lebih mudah dan cepat dalam hal produksi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter