Categories

Gadget

Sony Bersiap Memasuki Bisnis Drone Lewat Proyek Bernama Airpeak

Apakah mungkin ke depannya Sony bakal bersaing langsung dengan DJI?

Glenn Kaonang - 10 November 2020

Sony sedang bersiap untuk memasuki bisnis drone. Demikianlah kesimpulan dari siaran pers yang mereka terbitkan terkait sebuah proyek anyar dengan branding Airpeak. Belum diketahui apakah Airpeak bakal menarget segmen consumer atau enterprise (atau dua-duanya), tapi yang pasti Sony sudah punya proyek drone enterprise bernama Aerosense yang merupakan hasil kolaborasinya bersama perusahaan robotik ZMP.

Misi yang ingin Sony capai melalui Airpeak adalah mengakomodasi kebutuhan para pembuat video semaksimal mungkin. Sony mungkin melihat bagaimana sebagian konsumen kamera mirrorless-nya juga punya drone, dan mereka mungkin tertarik untuk ikut mengambil keuntungan dari pasar tersebut.

Sony sejauh ini belum bicara banyak soal Airpeak. Video teaser yang diunggah bahkan hanya menunjukkan tidak lebih dari sebatas rotor drone yang berputar dalam tampilan close-up. Apakah ini berarti ke depannya kita bakal melihat drone bikinan Sony sendiri? Mungkin saja, dan kalau benar, itu berarti mereka harus siap 'berperang' melawan DJI, yang bisa dibilang sudah berhasil memonopoli pasar consumer drone.

Produsen kamera yang tertarik menggarap drone-nya sendiri bukanlah berita baru. Di tahun 2016, GoPro sudah lebih dulu melancarkan inisiatif serupa dengan meluncurkan drone bernama Karma. Namun seperti yang kita tahu, GoPro pada akhirnya memutuskan untuk menyerah dan mundur sepenuhnya dari area kekuasaan DJI tersebut.

Tentu saja kisah GoPro itu tidak bisa langsung dijadikan patokan bahwa produsen kamera bakal selalu gagal di bisnis drone, sebab kondisi pasarnya sendiri sudah sangat berbeda dibanding dua atau tiga tahun lalu.

Sebagai brand yang dipercaya oleh kalangan kreator profesional, Sony semestinya bisa menawarkan nilai lebih, seperti misalnya dukungan perekaman dalam mode S-Log, sehingga proses color grading pasca pengambilan gambarnya sama persis dengan kalau menggunakan kamera mirrorless Sony.

Alternatifnya, drone buatan Sony ini mungkin bisa dilengkapi kamera yang lensanya interchangeable, sehingga konsumen setia Sony dapat memanfaatkan koleksi lensa G Master-nya. Tentunya semua ini baru sebatas spekulasi, dan lebih jelasnya baru akan Sony rincikan pada peluncuran resmi Airpeak di musim semi 2021 nanti.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter