19 September 2017

by Glenn Kaonang

Trio Camcorder Baru Sony Siap Merekam Video 4K HDR dan Dibekali Sistem AF Jagoan

Video HDR bahkan dapat dihasilkan secara instan tanpa perlu melalui proses editing

Perkembangan pesat di industri kamera membuat pabrikan seakan-akan lupa terhadap kalangan videografer profesional yang lebih nyaman menggunakan camcorder ketimbang DSLR maupun kamera mirrorless. Namun tidak bagi Sony. Mereka baru saja memperkenalkan trio camcorder baru, yakni XDCAM PXW-Z90, NXCAM HXR-NX80 dan Handycam FDR-AX700.

Ketiganya sama-sama ditenagai oleh sensor Exmor RS berukuran 1 inci yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya jika melihat reputasi seri kamera RX100 dan RX10. Ketiga camcorder ini tidak hanya mampu merekam video 4K, tapi juga dalam format HDR yang kian populer.

Hebatnya lagi, berkat fitur Instant HDR, video dengan tingkat kontras dan warna yang jauh lebih superior ketimbang format standar itu bisa dihasilkan tanpa perlu menjalani proses color grading pada tahap editing. Di saat yang sama, pengguna yang menginginkan kontrol lebih lengkap terhadap warna dapat memanfaatkan mode perekaman S-Log3 atau S-Gamut3.

Video direkam menggunakan codec XAVC yang terbukti lebih baik ketimbang codec lawas AVCHD. Prosesor Bionz X yang mendampingi memungkinkan mode perekaman slow-motion dalam kecepatan 960 fps jika perlu, sedangkan lensa 29mm buatan Zeiss memberikan fleksibilitas ekstra berkat optical zoom sejauh 12x.

Akan tetapi kualitas video baru sebagian cerita dari trio camcorder ini. Pasalnya, masing-masing juga dilengkapi sistem autofocus phase-detection 273 titik yang sangat cepat sekaligus akurat, bahkan untuk mengikuti objek bergerak sekalipun. Pada kenyataannya, sistem AF ini bahkan lebih superior ketimbang yang dimiliki RX10 IV karena dapat dikustomisasi lebih lanjut.

Pengoperasiannya mengandalkan viewfinder elektronik berpanel OLED, dengan resolusi 2,36 juta dot. Tak hanya itu, Sony turut membekali ketiganya dengan layar sentuh 3,5 inci beresolusi 1,55 juta dot. Menggunakan aksesori terpisah, ketiga camcorder dapat digunakan dalam setup multi-kamera dengan mudah.

Seperti yang saya bilang, ketiga camcorder ini ditujukan buat kalangan profesional, dan ini bisa dilihat dari harganya. FDR-AX700 di kasta terbawah dibanderol $1.900 dan akan dipasarkan mulai Oktober. HXR-NX80 yang mengemas sederet input mikrofon XLR dibanderol $2.300, sedangkan PXW-Z90 yang menyimpan sejumlah fitur khusus broadcasting dibanderol $2.800; keduanya menyusul pada bulan Desember.

Sumber: DPReview dan Sony.