23 December 2016

by Glenn Kaonang

Sony Cyber-shot HX350 Andalkan Lensa Berjangkauan Zoom 50x dalam Bodi yang Cukup Ringkas

Merupakan pendamping yang ideal untuk aktivitas travelling

Sony baru-baru ini meluncurkan sebuah kamera baru dari lini Cyber-shot. HX350 merupakan suksesor dari HX300 yang masuk dalam kategori superzoom, menawarkan lensa dengan jangkauan amat jauh dalam bodi yang terbilang cukup ringkas.

Dibandingkan pendahulunya, perubahan yang dibawa HX350 memang tidak terlalu banyak, namun setidaknya masih cukup signifikan. Kamera masih mengusung sensor Exmor R 1/2,3 inci beresolusi 20,4 megapixel, akan tetapi kali ini didampingi oleh prosesor BIONZ X yang akan meningkatkan kualitas gambarnya di kondisi low-light.

Video 1080p 60 fps yang direkam HX350 dipastikan tampak mulus berkat perpaduan sistem stabilization optik sekaligus digital. Untuk mengabadikan aksi-aksi cepat, Sony telah menambahkan fitur Lock-on AF pada HX350, plus kemampuan memotret secara konstan dalam kecepatan 10 fps.

Panel belakang HX350 dihuni oleh electronic viewfinder dan tilting LCD / Sony

Namun tentu saja yang menjadi bintang utama di sini adalah lensa Carl-Zeiss 24-1200mm f/2.8-6.3. Lensa ini pada dasarnya memberikan pengguna optical zoom sebesar 50x, sangat ideal untuk mendampingi aktivitas travelling, apalagi mengingat semua itu dikemas dalam bodi yang cukup ringkas.

HX350 masih menganut desain ala DSLR, dimana terdapat sejumlah kenop kontrol sekaligus focus/zoom ring manual. Di belakangnya, tertanam electronic viewfinder (EVF) beserta LCD 3 inci yang bisa dimiringkan ke atas atau bawah.

Sony Cyber-shot HX350 rencananya akan dilepas ke pasar Eropa mulai bulan Januari 2017 seharga 449 euro. Sejauh ini belum ada informasi mengenai ketersediaannya di pasar Asia.

Sumber: DPReview.