Categories

Gadget

Sony ECM-W2BT Adalah Mikrofon Wireless Bebas Kabel Dengan Digital Multi Interface Shoe

Sony juga mengumumkan mikrofon lavalier ECM-LV1 yang merupakan pasangan yang cocok untuk ECM-W2BT

Lukman Azis - 10 March 2021

Bagi content creator, perangkat kamera, lensa, dan mikrofon eksternal menjadi senjata utama dalam pembuatan konten. Karena bagaimana pun video adalah konten audio visual, jadi hasilnya harus enak dilihat dan didengar.

Untuk konten jenis vlog, umumnya mikrofon shotgun dan wireless menjadi pilihan utama, yang pasti jenis wireless lebih handy dan bisa digunakan dari jarak jauh. Baru-baru ini, Sony telah mengumumkan mikrofon wireless terbarunya yang benar-benar bebas kabel.

Namanya Sony ECM-W2BT, mikrofon wireless ini bisa digunakan tanpa kabel karena menggunakan Digital Audio Interface melalui Multi Interface (MI) Shoe. Artinya, receiver dapat mengirimkan audio dari mikrofon secara langsung melalui MI Shoe tanpa memerlukan kabel eksternal.

Sony belum mengungkapkan daftar kamera yang secara khusus mendukung protokol baru tersebut. Tentu saja, selain lewat MI Shoe, Sony ECM-W2BT juga tetap bisa digunakan dengan kabel menggunakan port mikrofon 3,5mm di kamera.

Sony mengatakan bahwa ECM-W2BT telah didesain ulang sepenuhnya dengan ‘advanced omni-directional mic capsule‘. Jangkauan transmisinya, unit dapat mengirimkan audio berkualitas tinggi hingga pada jarak 200 meter dengan gangguan yang minimal berkat penggunaan codec Qualcomm aptX berlatensi rendah.

Mikrofon ini memiliki tiga mode pengambilan yang berbeda. Meliputi mode MIC yang hanya akan merekam audio dari mikrofon di transmitter, mode MIX yang dapat mengambil audio dari transmitter dan receiver, serta mode RCVR baru yang hanya akan mengambil suara dari unit receiver yang terpasang pada Digital Multi Interface shoe.

Fitur lain ada lampu LINK yang memperjelas saat receiver terhubung ke transmitter mikrofon. Saat dipasangkan dengan kamera mirrorless Sony dengan MI Shoe, baterainya bisa bertahan sampai sembilan jam pemakaian dalam sekali charge.

Selain itu, Sony juga mengumumkan mikrofon lavalier ECM-LV1 yang merupakan pasangan yang cocok untuk ECM-W2BT. Mikrofon lavalier baru ini memiliki fitur omni-directional mic capsule, klip yang dapat diputar 360 derajat, dan windscreen. Untuk harganya, Sony ECM-W2BT dibanderol US$230 atau sekitar Rp3,3 jutaan dan US$30 atau Rp433 ribuan untuk mikrofon lavalier Sony ECM-LV1.

Sumber: DPreview

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id