Categories

Gadget

Camcorder Profesional Sony FS5 II Siap Hasilkan Video 4K HDR Tanpa Editing

Fitur Instant HDR miliknya bakal mengeliminasi tahap color grading yang biasanya memakan banyak waktu selama proses penyuntingan

Glenn Kaonang - 10 April 2018

Sony baru saja memperkenalkan kamera video kelas profesional terbarunya, FS5 II. Sesuai namanya, ia merupakan suksesor dari camcorder bernama sama yang dirilis di tahun 2015. Pembaruannya tergolong minor – dan sebenarnya sudah tersedia pada pendahulunya meski dalam wujud firmware update berbayar – akan tetapi cukup signifikan kalau mengikuti tren terkini.

Tren yang saya maksud adalah video HDR. Seperti yang kita tahu, video HDR memiliki keunggulan dalam hal kontras dan kekayaan warna. Namun proses pembuatannya sering kali tidak mudah, melibatkan proses pascaproduksi yang cukup panjang demi menghasilkan video yang memikat.

Sony FS5 II mencoba menjegal problem ini lewat fitur Instant HDR. Fitur ini pada dasarnya bakal mengeliminasi tahap color grading yang biasa dilakukan selama proses penyuntingan video. Kendati demikian, mereka yang lebih memilih untuk mengaturnya secara manual masih memiliki opsi perekaman dalam format S-Log2 maupun S-Log 3.

Sony bilang bahwa pengolahan warna yang disajikan fitur ini berkaca pada kamera kelas atas mereka yang bernama Venice. Lewat FS5 II, Sony sejatinya mencoba mengaplikasikan color science yang terdapat pada kamera seharga $42.000 itu ke bodi kamera yang lebih kecil dan jauh lebih terjangkau.

Selebihnya, FS5 II tidak berbeda dari pendahulunya. Perangkat masih mengandalkan sensor Super 35 Exmor yang sanggup merekam video 4K 30 fps atau 1080p 120 fps langsung ke dalam SD card. Kalau menggunakan external recorder, output-nya bisa didongkrak menjadi 4K 60 fps.

Kamera ini rencananya bakal memasuki pasaran mulai bulan Juni mendatang seharga $4.750 (body only). Kalau ini terlalu mahal dan HDR bukan prioritas buat Anda, mungkin persembahan terbaru Blackmagic bisa menjadi alternatif yang lebih menarik.

Sumber: DPReview.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter