Gadget

Sony Hadirkan Layanan PlayStation Now di PC

Bersamaan dengan pengumuman ini, Sony juga memperkenalkan dongle DualShock 4 USB Wireless Adaptor.

PlayStation Now ialah cara Sony memberikan kesempatan bagi pemilik console current-gen buat menikmati game-game yang pernah dirilis di PlayStation 3, lewat layanan berlangganan berbasis cloud. Peluncurannya tidak lama dilakukan setelah pelepasan PS4, dan console maker asal Jepang itu punya agenda untuk terus memperluas koleksi permainan serta jangkauan servisnya.

Sony punya kabar gembira bagi mereka yang diam-diam berharap bisa memainkan judul-judul ekslusif PlayStation di PC. Lewat blog resmi, mereka mengungkap rencana buat menghadirkan PlayStation Now di komputer personal, menunjukkan pada kita besarnya potensi platform 'inklusif' favorit puluhan juta orang tersebut, dan mungkin juga merupakan langkah Sony menandingi fitur backward compatibility Xbox One serta Xbox Play Anywhere milik Microsoft.

Melalui strategi ini, untuk pertama kalinya PC akan kedatangan berbagai game yang selama ini jadi kebanggaan gamer PlayStation, misalnya seri Uncharted, God of War, franchise Ratchet & Clank, serta The Last of US hingga Journey. Kontennya pun tidak tanggung-tanggung, PlayStation Now menyuguhkan lebih dari 400 judul permainan.

Meski game diolah di server Sony, tentu saja layanan ini mempunyai daftar kebutuhan hardware minimal yang harus dipenuhi. Ini dia rinciannya:

  • Sistem operasi Windows 7 (SP1), 8.1 atau 10
  • Prosesor Intel Core i3 3,5GHz atau AMD A10 3,8GHz
  • Penyimpanan 300MB
  • Memori RAM 2GB
  • Kecepatan internet minimal 5-megabit per detik

Bersamaan dengan pengumuman ini, Sony juga memperkenalkan dongle DualShock 4 USB Wireless Adaptor. Device sebesar thumbdrive ini berfungsi untuk menyambungkan controller DualShock 4 ke PC dan Mac secara wireless, mengaktifkan semua fitur di sana, termasuk tombol-tombol dan stick analog, touchpad, light bar, sensor gerakan, vibrasi, sampai port audio.

Selain untuk mendukung aktivitas bermain game menggunakan DualShock, adaptor tersebut juga dapat dimanfaatkan buat mengakses Remote Play di PC dan Mac. App bisa diunduh langsung via PlayStation.net. USB Wireless Adaptor bukanlah syarat wajib supaya PlayStation Now berjalan di komputer, tentu saja Anda dapat langsung menyambungkannya via kabel USB.

PlayStation Now kabarnya akan hadir di Eropa (Inggris, Belgia, dan Belanda) lebih dulu, baru kemudian menyusul di Amerika. Belum ada informasi soal kapan layanan ini tiba di Asia.

Biaya berlangganan PS Now selama satu bulan adalah US$ 20, lalu DualShock 4 USB Wireless Adaptor sendiri ditawarkan seharga US$ 25, mulai tersedia di akhir September.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter