15 December 2016

by Yoga Wisesa

Sony Hadirkan Pengalaman Audio 3D di PS4 Lewat Platinum Wireless Headset

Uncharted 4: A Thief’s End akan jadi game pertama yang mendukung fitur audio 3D di Platinum Wireless Headset.

Perhatian terhadap ranah audio 3D jadi meningkat setelah VR tersedia untuk publik. Sudah ada banyak pilihan sistem audio tiga dimensi buat pengguna PC, tapi butuh kolaborasi erat antara developer dan produsen hardware demi mengimplementasikan teknologi ini di console. Kabar gembiranya, Sony mengabarkan mereka siap menghidangkan audio 3D di PlayStation 4.

Melalui blog PlayStation, Sony mengumumkan agenda untuk merilis Platinum Wireless Headset, sebuah headphone gaming premium yang dirancang buat menghidangkan 'suara surround virtual' 7.1, ditenagai teknologi 3D racikan sang console maker sendiri. Seluruh kemampuan tersebut dikemas dalam perangkat berdesain elegan. Dan tentu saja, Platinum mendukung penuh PlayStation VR.

Penampilan Platinum Wireless Headset terlihat serasi dengan console. Headband-nya merupakan kombinasi dari plastik hitam bertekstur ala PlayStation 4 dan logam, lalu Sony membubuhkan logo 'PS' di kedua ujungnya. Bagian belakang earcup over-ear-nya memiliki pola garis lingkaran, dipadu bantalan berlapis kulit sintetis, kemudian ada kain pelapis biru di sisi dalamnya.

Sony memanfaatkan konstruksi tangguh demi memastikan daya tahan produk, namun mereka juga tidak melupakan aspek kenyamanan serta berupaya meminimalisir bobotnya. Platinum diklaim tetap nyaman digunakan dalam sesi gaming berdurasi lama.

Semua switch, tombol dan port diposisikan di earcup. Di sana Anda bisa menemukan tombol chat, power, mute, serta switch buat mengaktifkan audio 3D. Sony juga membekali Platinum dengan sepasang microphone boom noise cancelling. Mic tersebut dapat membungkam suara-suara bising di sekitar Anda serta mampu menangkap suara secara optimal seperti apapun cara kita mengenakan headphone.

Audio surround 7.1 3D adalah daya tarik utama dari Platinum Wireless Headset. Sony menjanjikan output suara yang kaya, serta memudahkan pengguna mengetahui lokasi spesifik arah datangnya bunyi-bunyian. Untuk menyajikannya, produsen memanfaatkan sepasang driver 50-milimeter, mampu menghidangkan bass sampai nada tinggi secara detail. Anda juga dipersilakan melakukan konfigurasi via app companion, tersedia di PS Store.

Dalam peluncurannya nanti, Uncharted 4: A Thief’s End akan jadi game pertama yang mendukung fitur audio 3D di Platinum Wireless Headset. Judul-judul lain segera menyusul, antara lain MLB The Show 17, Uncharted: The Lost Legacy, serta Days Gone. Headset tersambung secara wireless ke PS4 melalui dongle, dan uniknya lagi, Platinum juga kompatibel ke PC.

Sony Platinum Wireless Headset sudah bisa di-pre-order diAmazon, ditawarkan seharga US$ 160, dan akan mulai tersedia tanggal 12 Januari 2017 nanti.

Sumber: PlayStation.com.