Gadget

Sony Hidupkan Kembali Robo-Dog AIBO, Lebih Pintar dan Lucu

Aibo dibekali kecerdasan buatan dan sejumlah sensor yang membuatnya mampu merespon input dan berekspresi

Sony belum sepenuhnya mentas dari fase restrukturisasi yang panjang dalam upayanya membangun kembali reputasi di bidang inovasi dan teknologi. Sebagai salah satu bentuk komitmennya, Sony menghidupkan kembali robot lucu, AIBO setelah mati suri selama lebih dari satu dekade. Pengumuman generasi baru robot anjing AIBO ini dilakukan berbarengan dengan laporan finansial tahunan mereka yang disebut menunjukkan grafik membaik.

Robo-dog AIBO diklaim tak hanya mempunyai perawakan yang makin lucu, tapi juga jauh lebih cerdas dan ekspresif dibandingkan generasi terdahulu. Kemampuan merespon tindakan manusia disebut hampir menyerupai reaksi anjing sebenarnya. AIBO mampu merespon perintah, menggonggong, duduk dan menggoyangkan ekor. Teknologi kecerdasan buatan di dalamnya juga memungkinkan AIBO untuk mempelajari setiap perilaku pemiliknya, mampu memberikan hiburan dan bahkan terhubung ke cloud untuk mempelajari hal-hal baru dari robot AIBO lainnya.

AIBO ditenagai prosesor quad-core komputasi 64-bit dan baterai yang bisa diisi ulang dengan durasi bermain sampai dengan 2 jam. Desain mekanisnya diracang sedemikian rupa sehingga mampu bergerak seperti hewan sungguhan dengan 22 gerakan yang berbeda. Di bagian hidung AIBO, terdapat kamera wide-angle tersembunyi, satu lainnya di bagian ekor dan tambahan sensor untuk mengenali sentuhan serta teknologi AI, membantu robot untuk mengenali wajah, senyuman, dan juga perintah suara. Ada juga tambahan layar OLED di bagian mata yang dirancang untuk membantu membentuk ikatan batin antara robot dan pemiliknya.

https://youtu.be/sJciRIZQTg4

AIBO dijadwalkan untuk mulai tersedia di pasar lokal Jepang pada bulan Januari tahun 2018 mendatang. Sony mengatakan juga bahwa AIBO bakal diperkaya dengan fitur seluler sehingga dapat terhubung ke internet dan mempermudah proses pembaruan piranti lunak. Sayang, robot ini terbilang mahal. Untuk satu “ekor” AIBO, Sony meminta mahar paling murah $1,730. Dan untuk menikmati berbagai fitur lainnya, pembeli dikenakan biaya berlangganan sampai dengan $800 untuk durasi kontrak selama 3 tahun.

Sumber berita Sony.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter