Categories

Gadget

Sony Indonesia Luncurkan Bravia XR X95J dan X90J, TV 4K dengan Teknologi Kecerdasan Kognitif

Kedua TV turut dilengkapi antarmuka terbaru Google TV, serta siap disandingkan dengan console next-gen macam PlayStation 5 atau Xbox Series X

Glenn Kaonang - 9 June 2021

Sekitar enam bulan sejak pertama kali diperkenalkan, keluarga televisi Sony Bravia XR akhirnya resmi hadir di Indonesia. Dua model yang diumumkan adalah Bravia XR X95J dan X90J. Bukan sembarang TV 4K LED, keduanya sama-sama mengunggulkan teknologi kecerdasan kognitif yang inovatif.

Teknologi tersebut diwujudkan lewat pemanfaatan Cognitive Processor XR, yang mengandalkan metode pemrosesan baru yang mampu melampaui kinerja AI konvensional. Menurut Sony, teknologi ini dirancang agar bisa meniru cara manusia melihat dan mendengar.

Dijelaskan bahwa ketika manusia sedang mengamati suatu objek, secara tidak sadar matanya akan fokus ke titik-titik tertentu. Tugas Cognitive Processor XR adalah mengetahui dan menentukan di mana letak titik-titik fokus tersebut dengan cara membagi layar menjadi beberapa zona yang berbeda.

Prosesor spesial ini pada dasarnya mampu menjalankan analisis silang terhadap berbagai elemen sekaligus, mirip seperti yang dilakukan oleh otak manusia, sehingga tiap-tiap elemen akan mendapat hasil akhir terbaiknya, serta tersinkronisasi satu sama lain hingga tampak seperti aslinya. Sony bilang ini tidak mampu dicapai menggunakan teknologi AI konvensional yang hanya dapat mendeteksi dan menganalisis elemen gambar secara individual, semisal warna, kontras, atau detail.

Selain menjanjikan visual yang lebih baik, Cognitive Processor XR juga akan menganalisis sinyal dan output suara guna menyelaraskan posisinya dengan aksi yang sedang ditampilkan pada layar. Lebih lanjut, prosesor ini juga mengemban tugas untuk mengubah suara apapun menjadi suara surround 3D.

Perihal fitur-fitur lainnya, Sony Bravia XR X95J dan X90J sama-sama mengunggulkan antarmuka terbaru Google TV. Perangkat juga sudah siap untuk disandingkan bersama console next-gen macam PlayStation 5 atau Xbox Series X, utamanya berkat dukungan HDMI 2.1 dan e-ARC. Dengan kata lain, kedua TV ini siap menampilkan konten di resolusi 4K 120 fps, dan fitur Variable Refresh Rate (VRR) maupun Auto Low Latency Mode (ALLM) pun juga sudah sepenuhnya kompatibel.

Berbagai teknologi panel, seperti Full Array LED, XR Triluminos Pro, dan XR Contrast Booster, turut dihadirkan guna menyajikan realisme visual yang sangat tinggi. Buat para penggemar tayangan-tayangan Netflix, seluruh rangkaian TV Bravia XR juga sudah mengusung sertifikasi Netflix Calibrated Mode. Melengkapi semua fiturnya adalah dukungan Dolby Vision dan Dolby Atmos.

Model X95J hadir dalam ukuran 85 inci saja, sedangkan X90J tersedia dalam tiga pilihan ukuran, yakni 75 inci, 65 inci, dan 55 inci. Harga dan ketersediaannya masih belum dipastikan, akan tetapi berdasarkan informasi yang tercantum di situs resmi Sony, X90J bakal dijual seharga Rp16.999.000 untuk varian 55 inci, Rp25.999.000 untuk varian 65 inci, dan Rp39.999.000 untuk varian 75 inci.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter