Categories

Gadget

Sony Luncurkan Dua Speaker Wireless dengan Teknologi 360 Reality Audio

File audio stereo apapun yang diputar bakal tersaji seperti menggunakan sistem audio surround

Glenn Kaonang - 11 January 2021

Sejak tahun 2019, Sony cukup gencar mempromosikan teknologi 360 Reality Audio sebagai cara baru untuk menikmati musik secara lebih immersive. Namun realisasinya baru terlaksana di tahun 2021 ini, spesifiknya berkat kehadiran dua speaker 360 Reality Audio pertama dari mereka, yakni Sony SRS-RA5000 dan Sony SRS-RA3000.

Kelebihan utama kedua speaker wireless ini terletak pada algoritma Immersive Audio Enhancement yang dimilikinya. Algoritma tersebut pada dasarnya berfungsi untuk mengubah file audio stereo apapun yang diputar menjadi format tiga dimensi yang mengisi satu ruangan penuh.

Keduanya turut dilengkapi fitur kalibrasi otomatis, yang akan menyesuaikan sendiri kinerja akustiknya berdasarkan kondisi ruangan tempatnya berada. Bahkan volume setiap lagu yang diputar pun juga akan dioptimalkan satu per satu sehingga pengguna tidak perlu pusing mengecilkan atau membesarkan volume speaker setiap kali lagunya berganti demi mendapatkan pengalaman yang konsisten.

Singkat cerita, soundstage yang disuguhkan kedua speaker ini semestinya bakal sangat istimewa, dengan separasi tiap-tiap instrumen yang sangat jelas dan bisa kita petakan di pikiran. Kalau perlu gambaran yang lebih jelas, silakan dengarkan sendiri demonstrasi teknologinya di situs resmi 360 Reality Audio.

Sony SRS-RA3000 / Sony
Sony SRS-RA3000 / Sony

Kedua speaker ini tentu punya sejumlah perbedaan. RA5000 adalah model yang lebih superior kualitas suaranya, dengan total tujuh unit driver di dalamnya – tiga menghadap ke atas, tiga menghadap ke samping, dan satu buah subwoofer – tidak ketinggalan pula dukungan penuh terhadap format Hi-Res Audio. RA3000 di sisi lain mengemas lima unit driver: dua tweeter, satu full-range driver, dan dua passive radiator.

Soal konektivitas, sudah pasti kedua speaker ini menawarkan paket yang lengkap. Mulai dari Wi-Fi dan Bluetooth, sampai integrasi Chromecast, Spotify Connect, NFC, beserta kompatibilitas dengan Google Assistant dan Amazon Alexa, semuanya tersedia sebagai standar. Buat yang membeli lebih dari satu unit, tentu saja mereka bisa menempatkan RA5000 dan RA3000 dalam sebuah setup multi-room.

Sejauh ini, pemasaran speaker 360 Reality Audio ini bisa dibilang masih cukup terbatas. Konsumen di Amerika Serikat bahkan belum kebagian, dan Sony baru akan memasarkannya di dataran Eropa mulai bulan Februari mendatang. Banderol harganya sendiri dipatok 599 euro (± Rp10,3 jutaan) untuk RA5000, dan 359 euro (± Rp6,2 jutaan) untuk RA3000.

Sumber: Sony dan Pocket-lint.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter