1. Lifestyle

Sony Mengumumkan Layanan Streaming Game Mereka, PlayStation Now

Beberapa tahun lalu, ide streaming video game merupakan konsep yang dianggap mutakhir. Intinya adalah memanfaatkan konektivitas internet sebagai media game tanpa perlu membeli console yang harganya cukup mahal. Dari sana, muncullah perusahaan seperti OnLive. Mereka menjanjikan router a la console yang murah lengkap dengan controller, dilengkapi paket layanan dan langganan.

Sayangnya gagasan tersebut terlalu dini dan dieksekusi dengan kurang matang. Saat itu masih banyak orang mempertanyakan kestabilan dan jangkauan layanan OnLive. Walaupun ia ini berjalan di platform Windows, game diproses dari server milik OnLive secara real-time. Ia dirilis dengan metode soft-launch di Inggris, namun setelah itu namanya hampir tidak pernah terdengar lagi.

 

Info menarik: Intel Perkenalkan Sejumlah Teknologi Ciamik Mulai RealSense, Smartwatch dan Komputer Seukuran SD Card

 

Dari hal ini kita dapat mengambil satu hikmah penting: siapapun Anda, Anda harus memiliki pengalaman puluhan tahun dalam industri gaming dan layanan internet sebelum berkecimpung dalam dunia clould gaming. Sony mengerti hal ini, mereka bahkan menyiapkan segala infrastruktur streaming game dengan mengakuisisi Gakai seharga US$ 380 juta di pertengahan tahun lalu.

Dan akhirnya di ajang CES 2014 yang sedang berlangsung sekarang, Sony mengumumkan PlayStation Now. Ia tidak terlalu berbeda dari OnLive, namun game-game yang disajikan di dalamnya adalah permainan-permainan khusus PlayStation. Konsepnya cukup sederhana, Anda tidak perlu lagi menyimpan kepingan Blu-ray game-game PlayStation 3 karena kini pengguna dapat mengaksesnya secara streaming.

Bukan itu saja, Anda tidak perlu membawa console PlayStation hanya untuk menikmati game-game favorit. PlayStation Now dapat diakses dari tablet, smartphone, PlayStation Vita hingga model terbaru TV Sony Bravia. Berita baiknya tidak berhenti sampai di sini: Anda bisa juga mengkases permainan-permainan tersebut dari PlayStation 4. Jadi untuk Anda yang sudah berencana untuk menjual PS3 untuk membeli PS4, jangan ragu-ragu - silakan jual. Anda akan tetap bisa menikmati permainan lawas kesayangan.

 

Info menarik: Panasonic dan Mozilla Sepakat Produksi Smart TV dengan Firefox OS

 

Saat peluncuran ini, PlayStation Now disajikan dengan jumlah game yang masih terbatas. Tetapi Andrew House dari Sony telah mengkonfirmasi bahwa beberapa title andalan mereka akan hadir di sana, seperti The Last of Us, Beyond: Two Souls, God of War: Ascension dan Puppeteer. Dua game pertama di atas akan dipamerkan tanpa kehadiran console PlayStation 3, sedangkan dua permainan terakhir rencananya akan didemokan dari PS Vita dan TV Bravia di panggung CES 2014.

Satu hal yang telah dikonfirmasi Sony adalah metode penyajian layanan ini. PlayStation Now disajikan dengan sistem berlangganan, pertanyaannya adalah apakah ia juga akan menjadi platform seperti PlayStation Network atau terintegrasi dengan PlayStation Plus.

Belum ada kepastian tentang judul game lain yang akan hadir dalam PlayStation Now. Tetapi jika Sony mengusung Now dengan serius, ini bisa menjadi solusi inovatif berkaitan dengan ketiadaan fitur backward compatibility pada PlayStation 4. Kemudian juga apakah mungkin kita juga akan melihat game-game PlayStation dan PlayStation 2 mulai bermunculan di sana?

Via IGN. Sumber gambar header: LATimes.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again