Categories

Gadget

Sony Perkenalkan Sensor Gambar IMX586 Resolusi 48MP untuk Smartphone

Resolusi 48-megapixel adalah yang tertinggi saat ini

Lukman Azis - 24 July 2018

Bicara soal kamera smartphone, tentunya tak bisa lepas dari nama besar Sony. Sebagai produsen sensor gambar terbesar di dunia, kepiawaiannya meracik sensor gambar tak perlu diragukan lagi.

Sony baru-baru ini memperkenalkan sensor CMOS IMX586 untuk smartphone dengan resolusi 48-megapixel (8.000×6.000 pixel) dan ukuran pixel 0,8 μm. Resolusi setinggi itu memungkinkan kamera smartphone menghasilkan foto berkualitas tajam meski menggunakan fitur zoom digital dan sangat ideal untuk foto landscape.

sony-imx-586-sensor-1

Ya, resolusinya bahkan lebih besar dari kamera mirrorless full-frame Sony Alpha A7R series yakni 42-megapixel. Tapi keduanya tidak bisa dibandingkan, karena kamera smartphone menggunakan ukuran sensor yang kecil. Sedangkan, kamera mirrorless menggunakan ukuran sensor yang lebih besar.

Selain mengunggulkan resolusi yang sangat tinggi, Sony menggabungkannya dengan filter warna Quad Bayer 2×2 pixel. Di mana 2×2 piksel yang berdekatan akan memiliki warna yang sama.

sony-imx-586-sensor

Jadi, kamera akan menghasilkan output empat pixel yang setara dengan sensor 12-megapixel dan ukuran piksel 1,6 μm. Sehingga mampu menciptakan foto dan video yang minim noise saat memotret di malam hari. Sedangkan, bila memotret dalam cahaya berlimpah maka grid akan kembali ke pemrosesan sinyal yang biasa dengan resolusi penuh 48-megapixel secara real time.

Selain itu, Sony IMX586 juga membawa fitur-fitur seperti image plane phase-difference AF, HDR imaging, kemampuan merekam video 4K hingga 90 fps, dan perekaman video 1080 hingga 480 fps.

Sensor IMX586 sendiri ialah penerus dari sensor gambar 40-megapixel yang tertanam pada Huawei P20 Pro yang juga membawa pengaturan Quad Bayer.  Makin banyak piksel, memang makin detil foto yang bisa direkam.

Sony Xperia XZ3 yang diprediksi meluncur di gelaran IFA 2018 diharapkan akan hadir dengan sensor IMX586. Tapi, mungkin baru bisa kita temui di smartphone flagship lain tahun depan, pengiriman sampel dilakukan pada bulan September 2018.

Sumber: DPreview dan GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id