21 January 2013

by Iqbal Farabi

Sony Perkenalkan Xperia Tablet Z di Jepang

Sony tampaknya sedang cukup sibuk mengeluarkan produk-produk terbaru di awal 2013 ini. Setelah merilis Xperia Z dan Xperia ZL pada perhelatan CES 2013 lalu, kali ini Sony mengumumkan produk tablet terbarunya yang diberi nama Xperia Tablet Z.

Xperia Tablet Z dilengkapi dengan spesifikasi yang relatif high-end. Tablet ini memiliki layar sebesar 10,1 inchi dengan resolusi 1.920 x 1.200 piksel dengan teknologi Mobile Bravia Engine 2. Untuk prosesor dan memori, Xperia Tablet Z menggunakan prosesor quad core dengan kecepatan 1.5 GHz dan memori RAM sebesar 2 GB. Tablet ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar yakni 32 GB serta kamera dengan resolusi 8.1 MP.

Faktor unik lain yang berusaha dikedepankan oleh Sony adalah dimensi dan berat dari Xperia Tablet Z. Dengan ketebalan 6,9 mm, tablet ini menjadi tablet paling tipis di dunia saat ini. Sebagai perbandingan, iPad mini memiliki ketebalan sebesar 7.2 mm. Selain itu, beratnya yang hanya sebesar 495 gram disinyalir sebagai yang paling ringan pada pasar tablet.

Dari sisi sistem operasi, Xperia Tablet Z akan hadir dengan sistem operasi Android yang masih asli, dalam artian tidak dikustomisasi sebagaimana lazimnya ponsel atau tablet berbasis Android yang bukan merupakan seri Nexus. Implikasinya, update untuk tablet ini akan relatif lebih cepat karena sistem operasi Android asli yang belum dikustomisasi bisa langsung menggunakan update resmi dari Google tanpa menunggu update resmi dari produsen pembuat tablet. Meskipun tidak disebutkan dengan spesifik, versi Android berapa yang akan digunakan. Saya sendiri menduga tablet ini akan menggunakan versi Android Jelly Bean.

Berapa harga yang diberikan Sony untuk tablet ini? Sayang sekali hingga tulisan ini dibuat, belum didapat informasi mengenai harga Xperia Tablet Z. Demikian juga belum ada informasi apakah tablet ini akan tersedia juga untuk pasar di luar Jepang.

 

Sumber: Android Authority, Engadget.