Categories

Gadget

Sony: PlayStation 4 Telah Memasuki Tahap Akhir Siklus Hidupnya

Mungkin Anda khawatir tibanya PS4 di fase ini menandai semakin dekatnya momen penghentian produksi console, tapi kenyataannya tidak begitu.

Yoga Wisesa - 23 May 2018

Nintendo memang tengah berbahagia dengan kesuksesan Switch mereka, tetapi di ranah persaingan console, Sony masih jadi nomor satu. Hingga kini, Sony diketahui telah menjual 79,8 juta unit PlayStation 4. Namun momentum persebarannya kini lebih mengendur dengan angka penjualan yang sedikit lebih rendah dibanding periode sebelumnya.

Dan dalam Sony Corporate Strategy Meeting kemarin, boss PlayStation John Kodera menyampaikan bahwa sebagai console generasi kedelapan mereka, PlayStation 4, resmi memasuki tahap akhir siklus hidupnya - setelah melewati periode panen (masa di mana perusahaan meminimalkan investasi demi mendapatkan keuntungan maksimal) yang dimulai tiga tahun silam.

Fase akhir tersebut memang berpeluang memberikan dampak negatif pada pemasukan divisi gaming Sony, namun seperti yang dituturkan oleh reporter Wall Street Journal Takashi Mochizuki, perusahaan bisa menambal kerugian melalui layanan berlangganan PlayStation Plus serta penjualan software. Mungkin Anda khawatir tibanya PS4 di fase ini menandai semakin dekatnya momen penghentian produksi console, tapi kenyataannya tidak begitu.

Menurut para pakar, penjualan PlayStation 4 tetap akan tetap tinggi. Alasan mengapa Kodera bilang bahwa console telah masuk pada fase akhir siklus hidupnya adalah ia mencoba menjelaskan menurunnya ekspektasi penjualan dari 19 juta ke 16 juta unit di tahun ini pada para investor. Meski demikian, produk diperkirakan masih mempunyai umur cukup panjang, hanya saja momentum pengapalannya tidak setinggi dulu.

Dan ada alasan kuat mengapa kita tidak akan berjumpa dengan akhir hayat PS4 dalam waktu dekat: ada banyak game menarik yang siap dirilis dalam waktu dekat sampai tahun depan. Mereka ialah permainan-permainan eksklusif ataupun multi-platform, contohnya Detroit: Become Human, Spider-Man, Red Dead Redemption 2, Days Gone; serta judul-judul yang belum diketahui kapan meluncur: The Last of Us Part II, Death Stranding, Ghost of Tsushima, hingga remake Final Fantasy VII.

Penurunan penjualan console memang tidak terelakkan. Sudah ada banyak orang mengadopsi PlayStation 4 dan perangkat ini telah berumur lima tahun. Menakar dari perjalanan PS3 selama tujuh tahun, itu berarti PS4 punya dua tahun lagi. Tapi perlu diingat, Sony baru meluncurkan PlayStation 4 Pro di bulan November 2016. Eksistensi dari versi high-end console current-gen mereka berpotensi memperpanjang usia PS4.

Kodera juga sempat bilang, di momen ini sampai penghujung masa fiskal 2020 yang jatuh pada tanggal 31 Maret 2021, Sony akan 'berjongkok untuk berdiri lebih tinggi di masa depan'. Apakah waktu yang mereka sebut itu merupakan perkiraan peluncuran console next-gen? Sony sendiri telah mengonfirmasi tak akan mengumumkan hardware baru di E3 2018...

Via Polygon & GameSpot.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter