11 February 2016

by Yoga Wisesa

Sony: Semua Pemilik PlayStation 4 Siap Menikmati PlayStation VR

Masing-masing console diklaim sanggup menangani PlayStation VR.

Sony bukanlah pemain baru di ranah virtual reality. Raksasa Jepang ini melepas Glasstron di tahun 90-an, dan dengan seri MHZ, Sony memiliki pengalaman dalam pemasaran head-mounted display sinematik. Namun upaya mereka mengintegrasikan virtual reality ke platform gaming PlayStation memang tergolong cukup baru, dilakukan melalui Project Morpheus.

Dengan proses peracikan yang kian matang, Sony memberi nama baru untuk Morpheus: PlayStation VR. Mereka memang belum mengumumkan tanggal resmi peluncurannya, tapi ada kemungkinan PS VR akan hadir tidak lama lagi. Dan dalam acara Vision Summit 2016, pemimpin pengembangan PlayStation VR Dr. Richard Marks menjelaskan mengapa headset VR eksklusif console mereka lebih menjanjikan.

Alasannya ternyata terkait dengan tingginya penjualan PlayStation 4. Console ini kabarnya telah terjual sebanyak lebih dari 36 juta unit. Dan masing-masing hardware diklaim sanggup menangani PlayStation VR. Artinya, PS4 merupakan medium peluncuran paling kuat ke pasar VR dibandingkan platform milik kompetitor. Dan untuk kontennya sendiri, Sony sudah bekerja keras agar PS VR kompatibel ke puluhan judul permainan.

Di bulan Januari silam, analis dari Wedbush Securities memprediksi bahwa Oculus Rift akan terjual sebanyak satu juta unit dalam 12 bulan setelah perilisannya. Berpatokan dari informasi ini, Sony yakin mereka sanggup memasarkan lebih hanyak headset PS VR. Angka tersebut adalah senjata andalan Sony mengalihkan perhatian developer dari HTC Vive dan Oculus Rift. Dan tak seperti kedua produk itu, tidak ada persyaratan hardware yang harus disiapkan selain console PS4.

PlayStation VR menyuguhkan layar OLED seluas 5,7-inci beresolusi 1920x1080 di refresh rate 120Hz. Sony menjanjikan performa tinggi berbekal 'kinerja PlayStation 4' dengan tingkat latency yang sangat rendah - kurang dari 18ms. Perlu Anda ketahui, perangkat tidak sepenuhnya ditenagai console, ia tersambung ke unit boks eksternal buat menambah performa olah grafis. Kotak tersebut turut dilengkapi output standar ke TV, sehingga teman-teman bisa mengetahui apa yang lagi Anda lihat.

Sebagai periferal kendali utama, PlayStation VR memanfaatkan controller DualShock 4. Sensor gerakan di dalamnya dapat dideteksi oleh PlayStation Camera. Alternatif lainnya adalah aksesori Move Batons, memungkinkan gamer mengendalikan karakter melalui gerakan ala Wii Nunchuck.

Berpedoman dari data VRSE - perusahaan produksi konten-konten VR - PlayStation VR dijadwalkan untuk meluncur pada bulan April 2016. Meski boleh jadi info itu merupakan kesalahan penulisan, kehadiran PS VR yang lebih dini akan membuat kompetisi virtual reality semakin seru.

Sumber: GamesBeat & PC Advisor. Gambar: Road to VR.