Categories

Gadget

Sony Sharing Persiapan Menuju E3 2018 dan Berikan Komentar Soal Dimulainya Fase Akhir Siklus Hidup PS4

Sony juga menyempatkan diri buat membahas kiprah PlayStation 4 di Indonesia sejauh ini.

Yoga Wisesa - 25 May 2018

Pameran gaming tahunan terbesar di dunia, Electronic Entertainment Expo, dimulai sebentar lagi. Di antara rentetan publisher raksasa dunia, produsen console seperti Sony dan Microsoft sudah bisa dipastikan akan mencuri perhatian melalui pengungkapan besar-besaran. Sony sendiri mengonfirmasi bahwa di sana mereka akan fokus pada judul-judul eksklusif.

Dan kemarin, Sony mengundang para gamer dan media dalam acara gathering untuk berbagi beberapa detail terkait persiapan mereka memeriahkan E3 2018 serta mempersilakan para tamu menikmati game FIFA 18 di PlayStation 4 Pro. Sony juga mengundang juara PlayStation League Asia 2018 FIFA 18, Ega Rahmaditya sebagai bintang tamu di sesi talk show singkat.

 

Perjalanan PlayStation 4 di Indonesia sejauh ini

Sebelum memulai semua itu, Ian Purnomo selaku public relation lead Southeast Asia Sony Interactive Entertainment Hong Kong menyingkap beberapa pencapaian console current-gen mereka sejauh ini. Mungkin Anda sudah tahu, di tahun 2017, perusahaan berhasil menjual lebih dari 73,6 juta unit PlayStation 4, dan selama kiprahnya itu, mereka telah meng-update software ke versi 5.50.

Melalui pembaruan tersebut, Sony menghadirkan fitur-fitur untuk pengelolaan anggota keluarga, mode supersampling buat PlayStation 4 Pro (sistem me-render game di resolusi lebih tinggi kemudian men-downscale buat disajikan di TV/layar non-4K, sehingga output-nya lebih tajam), virtual surround sound di PlayStation VR, serta dukungan bahasa Indonesia, Thailand dan Vietnam.

Sony juga merekap sejumlah aktivitas yang sempat mereka langsungkan di penghujung tahun 2017, yakni roadshow Play Everyhing di Mall Kelapa Gading dan Neo Soho. Di kesempatan terpisah, Ian menjelaskan pada saya bahwa acara ini cukup sukses berkat pemilihan lokasi yang tepat.

Kedua pusat perbelanjaan tersebut merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh keluarga, dan Sony bermaksud untuk memunculkan rasa nostalgia bagi mereka yang dahulu mungkin pernah menikmati console PlayStation. Orang tua juga tidak perlu cemas buat melepas buah hatinya bermain di sana karena Sony sengaja memilihkan permainan-permainan multi-genre yang aman bagi semua umur.

Sony memang punya rencana untuk mengadakan roadshow Play Everything berikutnya, tapi mereka belum menentukan tempat dan tanggalnya. Sang public relation lead menjelaskan bagaimana acara ini berhasil memicu transaksi pembelian produk Sony di lokasi. Namun meski begitu, dampaknya bagi total penjualan di Indonesia memang tidak begitu besar.

Selanjutnya, Sony Interactive Entertainment mengumumkan tiga game yang menjadi judul paling laris di PlayStation 4 di paruh pertama 2018. Mereka adalah Monster Hunter World, God of War, dan FIFA 18 - game terakhir ini akan mendapatkan update World Cup Russia 2018 secara gratis. Dan tepat di hari Kamis kemarin, Sony resmi juga merilis Detroit: Become Human, game petualangan baru kreasi tim di belakang Beyond: Two Souls dan Heavy Rain.

 

Persiapan menuju E3 2018

Ada empat game yang akan menjadi primadona di acara Sony di E3 2018 dan mereka semua ialah judul eksklusif PlayStation 4: Death Stranding, Ghost of Tsushima, Spider-Man dan The Last of Us Part II. Selain Spider-Man, belum diketahui kapan permainan-permainan first-party PlayStation tersebut akan dirilis.

Berdasarkan rumor yang beredar (dan belum dikonfirmasi kebenarannya), ada banyak permainan third-party yang kemungkinan turut meramaikan panggung Sony di E3 2018, di antaranya Cyberpunk 2077, Days Gone, Final Fantasy VII Remake, Kingdom Hearts 3, Lego DC Villains, Metro Exodus, NBA 2K19, Shenmue 3, Shadow of the Tomb Raider dan Splinter Cell baru.

Konferensi pers Sony di E3 2018 akan dilangsungkan pada hari Senin tanggal 11 Juni jam 18:00 waktu Pasifik, atau hari Selasa tanggal 12 Juni jam 8:00 pagi waktu Indonesia bagian barat. Acara bisa disimak secara live di Live.PlayStation.com.

 

Sony: jangan ragu membeli PlayStation 4

Buat menikmati seluruh persembahan Sony tersebut, Ian Purnomo mengimbau kosumen untuk tidak ragu meminang PlayStation 4. Perusahaan telah menunjuk beberapa gerai tempat Anda dapat memperoleh produk resmi PlayStation, misalnya di Terminal Game, Play Inc., dan GS Shop. Hanya di toko-toko ini Sony menjamin keaslian produk serta dukungan garansi dan servis.

Terkait dimulainya fase akhir siklus hidup PS4, Ian menyampaikan bahwa kita tidak perlu terlalu mencemaskannya. Melihat dari pengalaman di era PlayStation 3, periode 'pasca-panen' ini malah dimeriahkan oleh permainan-permainan console terbaik, contohnya seperti God of War III, Heavy Rain, Uncharted 3: Drake's Deception, The Last of Us, LittleBigPlanet 2. Anda akan melewati game-game seru jika menunggu hingga PlayStation '5' tiba.

Ian juga menyampaikan keyakinannya terhadap dukungan para developer. Menurutnya, game-game yang diluncurkan di PlayStation 4 akan semakin matang dan optimal. Ambil contohnya God of War atau Detroit: Become Human. Walaupun hardware PS4 sudah berusia lima tahun, game-game tersebut tetap mampu menghidangkan grafis yang memukau.

Dan buat mempermanis penawarannya, Sony mengumumkan rencana untuk membagikan kaos PlayStation eksklusif bagi mereka yang membeli console lewat gerai resmi.

Acara gathering PlayStation kemarin diakhiri oleh buka puasa bersama dan bagi-bagi door prize. Mereka yang beruntung membawa pulang satu kopi Detroit: Become Human Collector’s Edition, televisi OLED Sony Bravia, PlayStation VR, bahkan hingga PlayStation 4 Pro God of War Special Edition...

Luar biasa.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter