Categories

Gadget

Sony SR Display Sajikan Gambar 3D Tanpa Wajibkan Pengguna Memakai Kacamata Khusus

Terdapat sensor yang memonitor pergerakan mata secara kontinu

Glenn Kaonang - 20 October 2020

Di ajang CES 2020 pada bulan Januari lalu, Sony sempat memberikan teaser mengenai teknologi Eye-sensing Light Field Display (EFLD) yang sedang mereka kembangkan saat itu. Premisnya kurang lebih mirip seperti display hologram, di mana perangkat dapat menampilkan grafik 3D, dan kita bisa melihatnya tanpa perlu mengenakan kacamata khusus.

Sembilan bulan berselang, teknologi tersebut rupanya sudah menjelma menjadi perangkat yang siap dijual ke publik. Namanya Sony Spatial Reality Display (SR Display), dan Sony percaya perangkat ini bisa membantu para ahli computer graphics (CG) maupun visual effects (VFX) untuk merealisasikan ide-idenya dengan lebih baik lagi.

Rahasia utama SR Display terletak pada sebuah sensor yang dapat mengikuti pergerakan mata pengguna secara sangat presisi dalam hitungan milidetik. Informasi ini kemudian diproses oleh algoritma untuk me-render gambar stereoscopic berdasarkan posisi mata pengguna relatif terhadap layar, dan semuanya berlangsung secara real-time.

Agar gambar stereoscopic itu bisa dilihat dengan mata telanjang, Sony tidak lupa menyematkan lensa micro optical yang pada dasarnya berfungsi untuk memisah gambar antara porsi kiri dan kanan. Posisi lensa ini berada persis di atas panel LCD 15,6 inci beresolusi 4K milik SR Display.

Sony melihat potensi SR Display ini di sejumlah bidang industri, otomotif salah satunya. Pada dasarnya pekerjaan apapun yang melibatkan proses desain suatu objek dalam wujud 3D bisa dipermudah oleh keberadaan SR Display, sebab pengguna dapat melakukan observasi dari berbagai sudut seakan-akan bendanya memang sedang berada di hadapannya.

Sony tidak lupa memastikan agar SR Display dapat disesuaikan dengan workflow masing-masing pengguna. Itulah mengapa mereka turut menyertakan software development kit yang kompatibel dengan engine Unity maupun Unreal Engine 4, yang bisa dibilang merupakan standar industri.

Sebagai alat bantu untuk lingkup profesional, tentu saja harga Sony SR Display jauh dari kata murah. Satu unitnya dibanderol $5.000, dan Sony berniat memasarkannya mulai bulan November mendatang.

Sumber: SlashGear dan Sony.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter