25 April 2017

by Yoga Wisesa

Sony Tawarkan PlayStation 4 Slim Dengan Penyimpanan yang Lebih Lapang

Harganya juga sangat menarik.

Ketika tahun 2016 berakhir, home console generasi kedelapan racikan Sony sudah memperoleh dua kali revisi. Sang produsen menggantikan sistem standar dengan New PlayStation 4 yang lebih ramping di bulan September lalu, kemudian melepas PlayStation 4 Pro untuk mendukung penyajian konten beresolusi 4K. Menariknya, Sony punya satu kejutan lagi buat para gamer di 2017.

Lewat Twitter, minggu kemarin Sony Computer Entertainment mengumumkan update untuk PlayStation 4 Slim. Pembaruan tersebut ditujukan khusus pada aspek kapasitas penyimpanan, cocok jika hard disk 500GB masih belum memuaskan Anda. Meskipun tak ada alasan kuat bagi pemilik PS4 beralih ke versi Slim, bundel ini sangat cocok buat Anda yang baru ingin mengadopsi PlayStation 4. Silakan Anda simak komparasinya di bawah.

PlayStation 4 Slim masih mengusung arahan desain tubuh jajaran genjang, namun volumenya lebih kecil dan sudut-sudutnya lebih membulat. Seperti biasa, celah di tengah tubuhnya menyimpan slot disc Blue-ray dan port USB. Slim memiliki dimensi 25,4x27,94x3,81-sentimeter (versus 30,48x27,5x5,3-sentimeter di model standar), dengan bobot lebih ringan, yakni 2-kilogram. Sementara PS4 biasa mempunyai berat 2,76-kilogram.

Komposisi hardware PS4 Slim sendiri identik dengan tipe standar:

  • CPU 8-core X86 AMD Jaguar
  • GPU AMD Radeon Graphics Core Next Engine, berkekuatan 1.84-teraflop
  • Memori RAM GDDR5 8GB
  • Penyimpanan hard drive 1-terabyte
  • Output AV HDMI
  • Output I/O dua buah port USB 3.0
  • Konektivitas Ethernet, Bluetooth 2.1, Wi-Fi

+: Sudah mendukung HDR, kompatible ke PlayStation Camera, PlayStation VR, penyimpanan 1TB, dibundel bersama versi baru controller DualShock 4.

-: Tidak punya digital output optical dan AUX, tidak menunjang output 4K.

PlayStation 4 Slim dengan hard drive 1-terabyte sudah mulai dijual di Indonesia. Kehadirannya itu mendorong sejumlah toko mulai mengurangi harga versi 500GB hingga Rp 3,75 jutaan. Model barunya sendiri dijajakan mulai Rp 4,6 juta (garansi resmi Sony Indonesia). Paket pembelian sudah termasuk controller DualShock 4 wireless, kabel HDMI, kabel power, serta kabel charging USB.

Menariknya lagi, beberapa pedagang lokal bahkan menjual PlayStation 4 Slim dengan bundel game Call of Duty: Infinite Warefare serta Modern Warfare Remastered di harga yang tergolong murah. Kecuali Anda berniat untuk menikmati game di resolusi UHD, PlayStation 4 Slim boleh dibilang merupakan home console dengan penawaran terbaik di tanah air saat ini.

Via Engadget.