Categories

Gadget

Sony Umumkan Lensa Kedua di 2021, FE 50mm F1.2 G Master

Sony FE 50mm F1.2 GM dibanderol US$1.999

Lukman Azis - 17 March 2021

Setelah mengumumkan lensa Sony FE 35mm F1.4 G Master pada bulan Januari lalu, kini Sony kembali merilis lensa kedua di tahun 2021 yaitu Sony FE 50mm F1.2 G Master. 50mm sendiri merupakan salah satu focal length yang sangat populer, ramah digunakan untuk para pemula tetapi powerful dan serbaguna di tangan profesional.

Untuk kategori premium, sebelumnya Sony sudah memiliki lensa Sony Planar T* FE 50mm F1.4 ZA yang dirilis tahun 2016 dan di Indonesia dibanderol Rp23 juta. Sementara, Sony FE 50mm F1.2 GM rencananya akan tersedia pada bulan Mei dengan harga US$1.999 atau sekitar Rp28,8 jutaan.

Tambahan aperture ekstra 1/2-stop dari F1.4 menjadi F1.2 membuat perbedaan untuk menekan shutter speed pada pemotretan di kondisi cahaya rendah. Sony mengatakan, lensa FE 50mm F1.2 GM ini ideal untuk portrait, wedding, video, dan lainnya.

Dari segi ukuran, desain Sony FE 50mm F1.2 GM cukup ringkas dengan diameter 87mm, panjang 108mm, filter depan 72mm, dan bobot 778 gram. Sebagai lensa premium G Master, lensa ini tentu memiliki build quality yang solid, bodinya terbuat dari material magnesium alloy dan sudah weather-sealing. Termasuk fluorine coating di elemen depan untuk mengusir debu, air, dan sidik jari.

Konstruksi optiknya terdiri dari 14 elemen dalam 10 grup, mencakup tiga elemen extreme aspherical (XA) untuk meminimalkan penyimpangan dan Nano AR II coating untuk membantu mengurangi flare dan ghosting. Selain itu, lensa ini memiliki dua floating focus group yang memungkinkan jarak pemfokusan yang dekat dan digerakkan oleh empat motor linier 'extreme dynamic' yang menjanjikan kecepatan autofocus yang sangat cepat.

Jarak fokus minimum lensa ini 40cm dengan perbesaran maksimum 0,17x dan memiliki diafragma aperture 11 bilah untuk menghasilkan bokeh yang natural. Pada bodi lensa terdapat ring aperture yang bisa clicked atau de-clicked, ring fokus manual, dan ada dua tombol focus hold yang fungsinya bisa disesuaikan.

Sumber: DPreview

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter