Categories

Gadget

Sony Luncurkan True Wireless Earphone dan Headphone Noise Cancelling Baru

WF-XB700 untuk yang memprioritaskan bass, WH-CH710N untuk yang mementingkan ANC tanpa membuat kantong jebol

Glenn Kaonang - 2 April 2020

Sony mengumumkan dua perangkat audio baru: WF-XB700 di kategori true wireless earphone, dan WH-CH710N di segmen closed-back headphone. Keduanya sama-sama mengadopsi desain yang minimalis sekaligus elegan.

Untuk WF-XB700, perangkat ini bisa dilihat sebagai alternatif yang lebih terjangkau dari Sony WF-1000XM3. Berhubung lebih murah, tentu saja ada fitur yang dipangkas; WF-XB700 tidak dilengkapi active noise cancelling (ANC) seperti kakaknya yang lebih premium itu.

Kendati demikian, WF-XB700 masih menyimpan keunikan tersendiri, utamanya buat konsumen yang masuk kategori basshead mengingat ia merupakan bagian dari lini “Extra Bass” Sony. Desainnya pun unik, dan diklaim sangat ergonomis sekaligus stabil karena menyentuh telinga di tiga titik yang berbeda.

Terkait ketahanan air, WF-XB700 hadir membawa sertifikasi IPX4. Pengoperasiannya tidak mengandalkan kontrol sentuh, melainkan tombol kecil di kedua unit earpiece-nya. Perangkat ini mengandalkan konektivitas Bluetooth 5.0, dan masing-masing unitnya akan terhubung ke sumber audio secara terpisah (kiri dan kanan).

Dalam sekali pengisian, WF-XB700 mampu bertahan sampai 9 jam pemakaian, sedangkan charging case-nya siap menyuplai 9 jam daya ekstra (total 18 jam). Fast charging turut menjadi fitur unggulan perangkat ini; pengisian selama 10 menit cukup untuk penggunaan selama 1 jam.

Sony WH-CH710N

Untuk WH-CH710N, perangkat ini justru berfokus pada kapabilitas noise cancelling-nya, spesifiknya yang bersifat adaptif dan mengandalkan kecerdasan buatan (AI). Sony bilang perangkat ini akan menganalisis kondisi di sekitar pengguna secara konstan, lalu memilih sendiri mode noise cancelling yang paling efektif.

Sony tidak menyebutkan apakah teknologi noise cancelling-nya sama seperti yang terdapat pada Sony WH-1000XM3, yang merupakan salah satu yang terbaik saat ini. Namun yang pasti perangkat ini tetap menawarkan mode transparan/ambient, yang berarti pengguna dapat dengan mudah membiarkan suara dari luar masuk ketika dibutuhkan.

WH-CH710N mengusung driver berdiameter 30 mm. Baterainya sangat irit dengan klaim daya tahan selama 35 jam pemakaian per charge, dan ia turut mendukung fitur fast charging yang sama seperti WF-XB700 tadi.

Sony belum menetapkan jadwal pemasaran yang pasti untuk kedua perangkat ini, namun harganya sudah diungkap: $130 untuk WF-XB700, dan $200 untuk WH-CH710N.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter