28 February 2017

by Bambang Winarso

Sony Xperia XZ Premium dan Xperia XZs Tiba dengan Kamera Istimewa

Smartphone Sony Xperia XZ Premium dan Xperia XZs dijadwalkan rilis di bulan April

Spekulasi terkait ponsel pintar terbaru Sony berakhir sudah menyusul diresmikannya sejumlah smartphone Xperia generasi terbaru, dua di antaranya yang paling menarik perhatian adalah Xperia XZ Premium dan Xperia XZs.

Sony Xperia XZ Premium tiba sebagai jagoan Sony di kelas premium yang ditandai dengan spesifikasinya yang menggunakan komponen-komponen terbaik. Di dapur pacu misalnya sudah mengadopsi chipset paling baru, Snapdragon 835 yang dipadukan dengan RAM 4GB. Ruang simpan yang dihadirkan dimulai dari 64GB, opsi lain diyakini juga akan tersedia plus dukungan microSD untuk memperluas penyimpanan.

Smartphone berbasis Android 7.1 Nougat yang mengemas layar 5,5 inci 4K ini dibekali kamera yang tak biasa. Wajar mengingat Sony adalah pemasok favorit untuk pabrikan-pabrikan perangkat kelas dunia. Mereka tentu tak mau perangkatnya punya kualitas kamera yang biasa. Di belakang ponsel menawarkan jepretan kamera beresolusi 19MP yang mampu mengabadikan video slow motion di 960fps dengan resolusi 720p. Kemudian di depan dapat dijumpai kamera selfie 13MP yang tampaknya bakal membuat Oppo ekstra waspada. Apalagi, ponsel ini juga dilengkapi kemampuan untuk diajak basah-basahan dan tahan terhadap terpaan debu. Ponsel ini dijadwalkan rilis pada bulan April dengan banderol mulai $799.

Turun satu tangga dari kelas Xperia XZ Premium, Sony juga mengumumkan varian yang lebih rendah bernama Xperia XZs yang mengemas layar 5,2 inci dengan resolusi full HD. Dan seperti varian premium di atas, layar di Xperia XZs juga menawarkan kombinasi teknologi TRILUMINOS Display for mobile, X-Reality for mobile picture engine dan Dynamic Contrast Enhancement.

Performa perangkat masih menggoda berkat hadirnya chipset papan atas Snapdragon 820 di bagian otak perangkat bersama RAM 4GB dan memori seluas 64GB. Kemampuan kamera belakang Xperia XZs juga tak kalah apik dengan konfigurasi yang sama seperti yang digunakan oleh varian XZ Premium, begitu juga untuk kamera di bagian depan.

Dijadwalkan rilis di bulan yang sama, smartphone berbasis Android 7.0 Nougat ini bakal dijual seharga $699. Tapi perlu dicatat, untuk varian ini tidak semua negara akan dilengkapi dengan sensor sidik jari di tombol power.

Sumber berita Sony.